5 Game yang Efektif Untuk Melatih Konsentrasi dan Daya Ingat, Nomer Satu Paling Favorit

JABAR EKSPRES – Barmain Game biasanya hanya dilakukan orang untuk mengisi waktu luang. Tapi ternyata ada beberapa permainan game yang juga bermanfaat untuk melatih daya ingat dan konsentrasi.

Bermain game tidak selalu menimbulkan hal negatif, karena biasanya kalau sudah kecanduan bermain game akan lupa waktu dan tidak perduli dengan kondisi disekitarnya termasuk kesehatan pribadinya.

Padahal bermain game juga memiliki sisi positif yang perlu kamu tahu. Banyak game yang di klaim berbahaya bagi anak, karena bisa merangsang otak anak jadi mengikuti permainan dalam game tersebut.

Seperti game pembasmi zombie yang penuh dengan kekerasan, Game Balapan yang membuat anak menjadi agresif atau game untuk orang dewasa dan banyak lagi game yang dilarang untuk anak-anak.

Namun ada juga beberapa jenis game yang justru baik untuk dimainkan, karena bisa melatih daya ingat.

Beberapa game ini ternyata menjadi favorit banyak kalangan, bukan hanya anak-anak.

Berikut beberapa game yang diketahui bisa melatih daya ingat:

1. Game Puzzle

Game Puzzle adalah salah satu permainan yang dapat melatih daya ingat dan konsentrasi.

Permainan bisa mendorong anak untuk menggunakan memori jangka pendeknya.

Dengan Menyusun puzzle yang harus sesuai dengan bentuk dan warnanya akan memaksa anak untuk berpikir lebih keras dari biasanya.

Ini juga merangsang otaknya untuk memecahkan teka-teki gambar puzzle, atau untuk mengumpulkan poin guna memecahkan rekor sebelumnya yang pernah diraihnya.

2. Game Sudoku

Game sudoku bisa melatih daya ingat untuk menyerap strategi dan potongan informasi hanya dalam waktu yang singkat.

Permainan ini juga bisa mengoptimalkan otak pada anak di dalam berkonsentrasi yang akan menempatkan semua angka secara berurutan tanpa pengulangan.

Walau sulit pada awal permainannya, sudoku akan mendorong otak untuk berpikir lebih cepat dan membuat kita untuk berkonsentrasi dari pemikiran.

3. Game Teka Teki Silang

Teka teki silang merupakan salah satu permainan yang dapat melatih kognitif dengan tepat karena kita akan terfokus untuk mencari tahu jawabannya.

Selain meningkatkan konsentrasi pada otak, mengisi teka teki silang juga dapat menjaga memori otak jangka panjang dan mengurangi risiko penyakit demensia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan