Cara Agar Tidak Merasa Insecure, dan Menjadi Lebih Percaya Diri

JABAR EKSPRES – Saat ini, kebanyakan anak muda khususnya kalangan generasi Z sering mengalami insecure yang disebabkan dari berbagai hal.

Kecanggihan teknologi dengan banyaknya media sosial membuat para anak muda menjadi lebih mudah inscure sebab sering membandingkan dirinya dengan orang lain.

BACA JUGA : 5 Tips Agar Kesehatan Mental Terjaga, Ini Caranya!

Padahal insecure sendiri bisa membuat diri sendiri menjadi tidak percaya diri dan perasaan mudah putus asa. Agar tidak selalu merasa insecure, ada beberapa cara untuk menjadi lebih percaya diri.

  1. Banyak Melakukan Afirmasi pada Diri Sendiri

Mengutip The Child in You, “Semakin orang merasa tidak aman, semakin besar kemungkinan mereka salah mengira kata-kata dan tindakan orang lain sebagai serangan dan penolakan pribadi.” Jadi semakin merasa tidak merasa aman perasaan seorang maka kamu semakin meyakini kata-kata tersebut.

Agar tidak terjadi hal tersebut, kamu harus mengafirmasi atau mengatakan hal-hal positif kepada diri kamu agar tidak kepercayaan diri kamu itu meningkat dan tidak mudah takut salah.

  1. Selalu Merawat Diri Sendiri

Mungkin yang namanya genetic itu tidak bisa diubah. Fisik merupakan hal yang menjadi pandangan utama seseorang untuk menilai sesuatu.

Sehingga jika seseorang yang menurut orang lain tidak bagus, itu membuat insecure. Namun kamu jangan bersedih hati. Bisa kamu rawat fisik kamu agar selalu menjaga diri sendiri dan menemukan kepercayaan diri.

BACA JUGA : Bukan Anti Sosial, Ini Dia Ciri Orang Introvert Sesungguhnya

  1. Menerima Perbedaan

Jika kamu sering dibandingkan, acuhkan kata-kata seperti itu. Sebab semua orang tidak dilahirkan sama, maka kamu harus bisa menerima perbedaan.

Tampil berbeda itu bisa membuat kamu memiliki kekuatan sendiri, yang tak sama seperti orang lain. Sehingga jangan menjadi merendahkan diri jika dibandingkan dengan yang lain.

  1. Self Love

Self love atau mencintai diri sendiri itu sangat perlu sekali agar kamu selalu tampil percaya diri. Kekuatan agar kamu selalu kuat adalah dengan kamu selalu mencintai diri kamu setiap harinya dengan segala kekurangan dan kelebihan yang kamu miliki.

Tinggalkan Balasan