Apakah Bisa Pinjam Uang di Pinjol tanpa KTP? Ini Akibatnya

JABAR EKSPRES – Belakangan ini, mengajukan pinjaman uang di aplikasi Pinjaman Online (Pinjol) sedang marak karena sikap konsumtif masyarakat kian mengkhawatirkan. Jika sudah terjebak pinjaman di berbagai platform, apakah bisa pinjam uang di Pinjol tanpa KTP?

Sebelum mengajukan pinjam uang tanpa melampirkan KTP pribadi, alangkah baik untuk mengetahui aplikasi Pinjol mana saja yang berstatus legal dan ilegal.

Jangan terjebak iming-iming bunga rendah karena tidak ada satu pun aplikasi Pinjol yang menawarkan bunga si bawah 20% per tahun.

KTP adalah persayaratan penting untuk mengajukan pinjaman tunai di lembaga maupun platform online manapun.

BACA JUGA: Galbay Aman? Inilah 5 Pinjol Langsung Cair Tanpa Pengaruh BI Checking

Pinjam uang di Pinjol tanpa KTP pribadi masih memungkinkan, namun ada beberapa risiko yang harus ditanggung pengguna apabila menggunakan cara ini.

Banyak cara nakal yang menyarankan untuk pinjam KTP teman atau anggota keluarga lain agar pinjaman bisa di-acc, namun ini tentu akan sangat merugikan.

Dampak yang Akan Terjadi Bila Mengajukan Pinjol tanpa KTP Pribadi

Inilah akibat yang akan Anda tibulkan jika mengajukan pinjaman uang tanpa KTP pribadi di Pinjol.

  1. Mempengaruhi IDI Historis dan BI Checking Apabila Pembayaran Tersendat

Keterlambatan dalam pembayaran angsuran dapat mempengaruhi IDI Historis dan BI Checking Anda. Ketika Anda meminjam KTP kepada teman atau keluarga, sering kali terjadi bahwa Anda tidak berniat membayar angsuran secara teratur. Jika jika Anda terlambat membayar angsuran, ini dapat berdampak pada skor IDI Historis Anda yang dicatat oleh Bank Indonesia.

  1. Tetap Harus Membayar Angsuran

Jika Anda mengajukan pinjaman online dengan meminjam KTP orang lain, pada akhirnya Anda tetap harus bertanggung jawab. Dalam situasi terburuk, orang yang meminjamkan KTP pada Anda mungkin tidak dapat memenuhi kewajibannya untuk membayarkan utang.

Bank ataupun pihak Pinjol tidak akan peduli dengan siapa yang mengajukan pinjaman, namun si pemilik KTP tetap akan berusaha mencari di mana keberadaan Anda untuk bertanggung jawab membayar utang.

  1. Akan Dikejar Debt Collectors

Meskipun mengajukan utang dengan menggunakan KTP Pinjaman, Anda mungkin tetap akan ditagih oleh Debt Collectors kolektor utang. Jika saudara atau teman yang meminjam KTP Anda tidak bertanggung jawab dalam membayar, maka Anda yang akan ditagih oleh kolektor hutang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan