Rumus Cara Main Rubik 3 X 3 yang Mudah dan Cepat Hafal

JABAREKSPRES – Rubik saat ini menjadi mainan yang sangat digemari berbagai kalangan, bukan hanya anak kecil, Rubik juga menantang bagi remaja dan dewasa. Pasalnya banyak yang penasaran jika belum berhasil menyelesaikan. Berikut rumus cara main rubik untuk jenis rubik 3 x 3 yang akan mudah dan cepat dihafalkan.

Rubik bagi sebagaian orang memang menjadi sarana untuk mengurangi stres, namun ada juga yang justru stares karena belum pernah sukses menyelesaikan rubik hingga berhasil.

Untuk bisa menyelesaikan rubik dengan cepat, butuh banyak latihan dan menghafalkan rumusnya. Dalam artikel ini akan dibagikan rumus untuk menyelesaikan rubik 3 x 3, yang akan membuatmu bisa menghafal dengan cepat dan mudah.

Sebelum mulai belajar cara main rubik, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu tentang rubik yang kini sudah menjadi mainan secara global.

Nama Rubik diambil dari nama orang yang pertama kali menciptakan, yakni Erno Rubik, seorang pemahat yang juga profesor arsitektur di Hongaria pada tahun 1978 silam.

Rubik 3×3 biasanya terbuat dari plastik atau kayu dengan 27 bagian kecil yang berputar pada porosnya. Dia memiliki 6 sisi yang memiliki warna berbeda-beda yakni putih, biru, kuning, hijau, jingga, dan merah. setiap sisi memiliki 9 permukaan dengan warna sama.

Tujuan dari memainkan rubik adalah kembali menyatukan warna yang sama dimasing-masing sisi, sampai 6 sisi memiliki warna yang semuanya sama.

Untuk memulainya, pertama kali ketahui dulu bagian-bagian dari rubik berikut ini :

1. Center: bagian tengah rubik, posisinya paten alias tidak bisa dipindah-pindah.

2. Edge: bagian tengah di sisi samping rubik.

3. Corner: bagian ujung-ujung dari rubik.

4. Layer: terbagi menjadi 3 sisi, dimulai dari bawah ialah layer 1 kemudian layer 2, dan terakhir layer 3.

Pahami Dasar Pergerakan dalam Rubik

Untuk mempermudah dalam memahami rumus, berikut istilah yang perlu kamu ketahui :

1. R (Right): memutar sisi kanan rubik searah jarum jam.

2. R’ (R aksen): memutar sisi kiri rubik berlawanan arah jarum jam.

3. L (Left): memutar sisi kiri rubik searah jarum jam.

4. L’ (L aksen): memutar sisi kiri rubik berlawanan arah jarum jam.

Tinggalkan Balasan