Pembongkaran di Jalan Otista Bogor: Pembatas Jembatan Sudah Tanpa Nama

JABAR EKSPRES  – Pembongkaran proyek revitalisasi Jembatan Otista, Kota Bogor terus berlangsung dengan menurunkan sejumlah alat berat di lokasi.

Berdasarkan pantauan Senin, 8 Mei 2023 Sore, salah satu bagian pembatas sayap jembatan yang bertuliskan ‘Otista’ telah dicopot.

Baca Juga: Hadapi Cuaca Ekstrim, Sekda Minta Bogor Siaga Bencana: Selalu Berhati-hati!

Tak hanya itu, sejumlah utilitas milik Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor berikut  PLN yang berada dibagian yang sama juga turut dibongkar oleh para pekerja.

Satu unit mesin penghancur ekskavator terus dikendalikan oleh operator menuntaskan sejumlah material yang tersisa seperti aspal dan lainnya.

“Update hari ini, kita masih selesaikan sesi pembongkaran yang dimaksud adalah dari aspal lapisan atas. Rencananya mau kita selesaikan hari ini. Tapi, sepertinya tidak beres hari ini, karena materialnya masih banyak. Kalau aspal sudah clear, maka pembongkaran plat,” kata Kepala Dinas PUPR Kota Bogor Rena Da Frina pada Senin, 8 Mei 2023.

Dikatakannya, tahapan pembongkaran Jembatan Otista melampaui target yang sudah direncanakan. Hari ini proses pekerjaan dilanjutkan dengan pengeboran sampel tanah yang berada di empat penjuru, kemudian pemapasan pohon yang ada tepat di struktur jembatan.

“Dan hari ini sudah lanjut untuk platnya. Karena kan kita mau kita ambil sampel dan hitung dibagian aset karena mau dilelangkan. Jadi, sebagian saat ini sudah diangkat,” jelasnya.

Pihaknya memastikan, per hari ini, Senin 8 Mei 2023 progres pembangunan terus mengalami kemajuan. Artinya, ada deviasi positif progres pembangunan masih terus terjadi.

 

“Untuk progres saat ini naik. Targetnya 0,44 persen sampai hari ini, 1,52 persen. Jadi masih deviasi positif. Intinya, target setiap minggu akan kita maksimalkan,” serunya.

 

Jika beberapa progres itu dapat selesai sesuai dengan yang direncanakan, maka target pemutusan total jembatan akan bisa dilakukan dalam waktu dekat ini.

 

“Tahapan pemutusan jembatan sebetulnya sudah mulai. Plat jembatan sudah kami bongkar, kita tinggalkan sedikit karena masih proses. Kedepannya akan ada dan dibangun akses jembatan penyebrangan para pekerja,” tuturnya.

 

Rena mengatakan, sebelumnya sambil proses pembongkaran konstruksi jembatan pihak kontraktor sudah mulai merangkai besi jembatan yang akan dipasang.

Tinggalkan Balasan