Jalin Kerjasama Bilateral, Belanja di Korea Selatan Bisa Pakai Rupiah?!

JABAR EKSPRESBank Indonesia dan Bank of Korea dengan resmi menandatangani kerjasama untuk menggunakan mata uang lokal (Rupiah dan Won) dalam transaksi bilateral kedua negara pada Selasa (2/5) di Korea Selatan. Hal ini membuat Indonesia dan Korea Selatan meninggalkan Dolar AS dalam transaksi bilateral mereka.

Dengan meninggalkan Dolar AS dalam transaksi bilateral, Indonesia dan Korea Selatan dapat menggunakan Rupiah dan Won dalam transaksi yang mereka lakukan. Kesepakatan ini mencakup transaksi berjalan (current account transaction), investasi langsung, transaksi ekonomi, dan keuangan lainnya yang telah disepakati.

Perlu diketahui, angka perdagangan yang Indonesia dan Korea Selatan lakukan pada tahun 2022 sendiri mencapai 20,58 miliar Dolar AS atau sekitar 300 triliyun Rupiah.

BACA JUGA: Ingat! Tantangan Ekonomi Tiap Generasi itu Berbeda

Sepakat untuk Tinggalkan Dolar AS

Gubernur BI, Perry Warjiyo dan Gubernur Bank of Korea, Rhee Chang Yong secara resmi meninggalkan Dolar AS dalam transaksi bilateral kedua negara. Hal ini membuat semakin banyak negara yang beranjak dari Dolar AS dalam melakukan transaksi.

Kedua gubernur bank tersebut melakukan pertemuan pada 2 Mei 2023 di sela-sela pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral ASEAN+3 di di Korea Selatan.

BI menyebutkan bahwa pelaku usaha dapat memanfaatkan kerjasama ini untuk mengurangi biaya transaksi. Selain itu, hal ini juga akan menekan risiko gejolak nilai tukar kedua negara dalam transaksi bilateral.

“Kesepakatan ini akan mendorong penggunaan mata uang lokal masing-masing negara (Rupiah dan Won) dalam transaksi bilateral antara Indonesia dan Korea Selatan, seperti transaksi berjalan (current account transaction), investasi langsung, transaksi ekonomi, dan keuangan lainnya yang akan disepakati kedua otoritas,” tulis pernyataan BI dalam situs resminya, Selasa (2/5).

BACA JUGA: Kenapa Sih Ekonomi Indonesia Terpusat Di Pulau Jawa?

Kegiatan Perdagangan Indonesia dan Korea Selatan

Ekspor utama Korea Selatan ke Indonesia:

  • Resin sintetis
  • Baja steinless steel
  • Tekstil (Fashion)
  • Perangkat Semikonduktor (Hardware)

Ekspor utama Indonesia ke Korea Selatan

  • Batu bara
  • Gas alam
  • Rempah
  • Tembaga
  • Produk pertanian

BACA JUGA: 5 Tips Minjam Uang ke Aplikasi Pinjol Biar Tidak Masuk ‘Jebakan Batman’

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan