Begini Tips Berkendara yang Aman Ketika di Malam Hari

JABAREKSPRES – Waktu matahari terbenam menjadi waktu yang rawan bagi pengendara mengalami kecelakaan dan inilah tips berkendara aman ketika di malam hari.

Hal ini terungkap dari riset oleh Greg Monforton & Partners Injury Lawyers (2022) yang menemukan bahwa mengemudi di malam hari memiliki risiko tiga kali lipat lebih tinggi terhadap insiden kecelakaan.

Pengemudi malam hari kebanyakan terdiri dari pekerja, pengendara lintas kota, dan lain sebagainya.

Banyak dari mereka harus mengemudi di malam hari karena jam pulang kerja yang larut atau jadwal kerja di malam hari.

Hal ini dapat memengaruhi kewaspadaan pengemudi yang lebih rentan mengalami kelelahan dan tidak prima.

Selain faktor kelelahan, pengemudi juga harus lebih waspada terhadap kondisi jalanan dan faktor alam yang memengaruhi keamanan saat berkendara di malam hari.

Untuk itu, PT Suzuki Indomobil Sales memberikan beberapa tips agar perjalanan pada malam hari tetap aman dan nyaman bagi pengemudi.

BACA JUGA: Mau Cek Masa Aktif Kartu Indosat Milikmu? Coba Cara Ini!

Tips berkendara aman ketika malam hari

Tips pertama adalah memastikan seluruh lampu penerangan kendaraan menyala dengan baik dan sesuai spesifikasi kendaraan dan peraturan yang berlaku.

Lampu mobil sebaiknya dinyalakan sebelum matahari terbenam dan dimatikan beberapa saat setelah matahari terbit agar kendaraan tetap terlihat jelas oleh pengendara lain.

Gunakan lampu secara bijak dan sesuai kebutuhan, hindari penggunaan lampu jarak jauh yang dapat mengganggu pandangan pengendara lain.

Tips kedua adalah hindari menatap langsung ke arah lampu penerangan kendaraan lain yang dapat menyebabkan silau atau pandangan yang berkilau-kilau akibat melihat cahaya yang terlalu terang.

Sebaiknya, pandangan pengemudi difokuskan pada bagian sisi kiri jalan dan mengikuti garis putih yang menandai tepi jalanan.

Jika terjadi kesilauan yang menghalangi pandangan, hindari berhenti secara tiba-tiba dan pastikan untuk berjalan pelan-pelan untuk menghindari kejadian tak terduga di jalan.

BACA JUGA: Ini Cara Gampang Merakit PC atau Komputer untuk Pemula

Tips selanjutnya adalah menggunakan rute yang sering dilalui dan memperhatikan kondisi jalannya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan