Pendaftaran Bacaleg Parpol, 8 Tim Verifikator Disiapkan KPU Kabupaten Bandung

JABAR EKSPRES – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung membuka pendaftaran bakal calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) mulai 1 sampai 14 Mei 2023.

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menjadi pendaftar pertama dalam pendaftaran Bacaleg ini. Hal ini disampaikan oleh Ketua KPU Kabupaten Bandung Agus Baroya

Baca Juga: Pemilu 2024: PKS Jadi Pendaftar Pertama Bacaleg DPRD Kabupaten Bandung

“Hari ini telah hadir PKS dan sedang dilakukan pemeriksaan berkas. Nanti secepatnya akan kita keluarkan tanda bukti penerimaan berkas atau misal belum lengkap akan diberikan tanda pengembalian berkas,” ujar Agus saat ditemui, Senin 8 Mei 2023.

Agus menambahkan jika dalam proses pelaksanan ini pihaknya berharap jika semuanya berjalan dengan tertib, baik itu dari KPU, medianya, dan juga Parpolnya semuanya sudah siap

“Sehingga diharapkan semuanya lancar sesuai dengan keinginan kita sampai dengan tanggal terakhir,” ucapnya.

Adapun terkait target pemeriksaan sendiri, pihaknya kata Agus bisa langsung menyelesaikan pemeriksaan berkas pada hari itu juga setelah dilakukan pendaftaran.

“Makanya hari ini nanti kita akan keluarkan bukti kalau lengkap bukti penerimaan berkas, kalau tidak lengkap bukti pengembalian berkas,” imbuhnya.

Selain itu Agus menambahkan jika selain PKS ada juga parpol lain yang akan mendaftar pada pendaftaran Bacaleg 2024 ini.

“Untuk PKS ini sudah confirm dua hari yang lalu, sedangkan nanti tanggal 10 rencananya Partai Nasdem, kemudian tanggal 11 PDIP, tanggal 12 Partai Gelora, dan tanggal 13. Untuk sementara yang konfirm baru itu,” ungkapnya.

 

Adapun dalam pemeriksaan berkas ini pihaknya sudah menyiapkan 8 tim untuk melakukan verifikator seandainya terjadi kesulitan dalam pendaftaran.

“Jadi seandainya nanti, kita tidak berharap semoga parpol juga sudah selesai melakukan pendaftaran sebelum tanggal 14. Tapi, jika sampai tanggal 14 nanti parpol mendaftar berbarengan kita sudah menyiapkan 8 tim harapanhya semua bisa dilayani langsung dengan cepat,” Jelasnya.

 

Pihaknya pun berharap agar semua Parpol segera mendaftar untuk pengajuan Bacaleg ini dan tidak menumpuk di akhir.

“Prinsipnya memang kita sudah membuat surat himbauan kepada parpol untuk secepatnya melakukan pengajuan bakal calon, tapi tentu saja kita berharap mereka, pertama sudah menginput data yang kita harap. Karena proses pemeriksaan itu kan mengakurkan yang berkas fisik. Dan kedua harus sudah lengkap silon termasuk juga berkas yang dibawa,” pungkasnya. (Agi)

Tinggalkan Balasan