13 Pekerja Migran Asal Jabar Berhasil Pulang dari Sudan, Ini Kata Disnakertrans Kabupaten Bandung

JABAR EKSPRES – Sebanyak 30 orang lebih Pekerja Migran Indonesia asal Jawa Barat telah berhasil dipulangkan ke Tanah Air dari Sudan, untuk diantarkan ke tempatnya masing-masing.

 

Pemulangan pekerja migran itu lantaran adanya konflik bersenjata di Sudan, sehingga mereka semua di pulangkan.

 

Namun dari jumlah 30 orang lebih itu sebanyak 13 orang tenaga kerja merupakan asal Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

 

Menanggapi itu, Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Bandung, Rukmana menjelaskan jika Pemda Kabupaten Bandung sendiri belum mendapat laporan terkait berapa orang TKI asal Kabupaten Bandung.

 

Bahkan Pemkab sendiri belum pernah mengeluarkan paspor untuk bekerja ke luar negeri khususnya ke Sudan.

 

“Sampai saat ini kita belum terima laporan adanya tenaga kerja dari Kabupaten Bandung berapa orangnya,” ujar Rukmana saat dihubungi, Sabtu 6 Mei 2023.

 

Rukmana menjelaskan jika saat ini pihaknya merasa belum memberangkatkan tenaga kerja ke Sudan. Terlebih pihaknya belum pernah mengeluarkan paspor untuk imigran ke Sudan.

 

Dirinya pun menilai jika saat ini pihaknya mempunyai sistem sehingga bisa melihat para TKI asal Kabupaten Bandung yang bekerja dimana saja.

 

“Dari kita belum pernah merekomendasikan, apalagi untuk membuat paspor ke Sudan. Mungkin kalau ilegal bisa jadi ya,” ungkapnya.

 

Meski begitu pihaknya pun sangat menyayangkan dan menyesalkan jika ada pihak yang merekomendasikan untuk bekerja di Sudan.

 

Terlebih di Sudan sendiri pendapatan perkapitanya lebih rendah dari Indonesia.

 

“Malah lebih bagus Indonesia dari pada di Sudan. Kasihan mereka upahnya pasti lebih rendah,” jelasnya.

 

Pihaknya pun lebih merekomendasikan untuk para tenaga kerja Indonesia ke luar negeri seperti Korea ataupun Dubai.

 

“Kalau saya sarankan coba diarahkan ke Korea, Dubai, dan lainnya. Kasian (kalau ke Sudan) itu kan saudara kita juga,” pungkasnya. (Agi)

Tinggalkan Balasan