Pertumbuhan Ekonomi Triwulan I Jabar Kalah dengan Nasional

JABAR EKSPRES – Pertumbuhan ekonomi Provinsi Jawa Barat di triwulan I 2023 ini ada di angka 5,00 persen (y-on-y). Angka pertumbuhan itu masih berada di bawah pertumbuhan ekonomi nasional yang mencapai 5,03 persen (y-on-y).

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Barat Marsudijono mengungkapkan, pertumbuhan ekonomi Jawa Barat di triwulan I biasanya bisa di atas nasional. Tetapi untuk kali ini posisinya berada di bawah nasional. “Tidak perlu berkecil hati. Mudah-mudahan masih bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi,” jelasnya, Jumat (5/5).

Marsudijono melanjutkan, sementara untuk di Pulau Jawa, posisi Jawa Barat berada di urutan ketiga terkait pertumbuhan ekonomi. Pertama adalah Yogyakarta dengan 5,31 persen, lalu Jawa Tengah dengan 5,04 persen dan baru Jawa Barat dengan 5,00 persen.

Jika dirincikan, sumber pertumbuhan ekonomi terbesar di triwulan I dari lapangan usaha adalah industri pengolahan dengan 2,84 persen. Lalu perdagangan besar dan eceran dengan 0,64 persen, informasi dan komunikasi dengan 0,45 persen, serta transportasi dan pergudangan dengan 0,30 persen.

Sementara menurut aspek pengeluaran, tertinggi adalah konsumsi rumah tangga dengan 2,76 persen. Kemudian pembentukan modal tetap bruto 0,69 persen, dan pengeluaran konsumsi pemerintah 0,18.

Marsudijono menambahkan, pertumbuhan ekonomi Jawa Barat triwulan I 2023 menunjukkan tren positif jika dibandingkan dengan triwulan sebelumnya atau triwulan IV 2022. Yakni tumbuh 0,52 persen.

Pertumbuhan positif terjadi pada beberapa lapangan usaha. Dari sisi produksi, pertumbuhan tertinggi terjadi pada lapangan usaha pertanian, kehutanan, dan perikanan dengan 9,02 persen.

Di posisi berikutnya, pertumbuhan lapangan usaha jasa keuangan dan asuransi sebesar 3,66 persen. Lalu konstruksi sebesar 1,65 persen.(son)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan