Pengguna Boseh Menurun Drastis, Tergeser Tren Sepeda Listrik

Jabar Ekspres – Pengguna layanan Bike on The Street Everybody Happy (Boseh) di Kota Bandung pada 2023 ini nampaknya menurun dibanding tahun sebelumnya. Dugaannya karena kalah bersaing dengan jasa penyewaan sepeda listrik atau e-scooter yang mulai menjamur.

Layanan penyewaan sepeda yang telah diluncurkan sejak 2017 itu sebenarnya untuk memfasilitasi masyarakat atau wisatawan yang ingin keliling Kota Bandung dengan sepeda. Maka dari itu, di beberapa titik pusat keramaian didirikanlah shelter penyewaan sepeda itu.

Tetapi tiga bulan berjalan di 2023 ini nampak pengguna boseh menurun. Kepala BLUD UPTD Angkutan Dishub Kota Bandung Yudhiana meguraikan, dari Januari sampai Maret 2023 total ada 8507 pengguna.

Rinciannya pada Januari ada 4846, Februari ada 2156, dan Maret ada 1505.

“Menurun jika dibandingkan dengan periode yang sama pada 2022,” katanya kepada Jabar Ekspres, Jumat (5/5).

Yudhiana menambahkan, pada Januari 2022 total masih ada 8101 penggunaan boseh. Lalu pada Februari 9629, dan Maret ada 10887.

“Jika dibandingkan, penurunannya sekitar 30 – 40 persen,” cetusnya.

BACA JUGA: Kadivpas Jabar Pastikan Viral Kamar Mewah Rutan Kebon Waru Sudah Bersih

Menurut Yudhiana, kondisi pada 2023 memang menurun tetapi trennya membaik jika dibandingkan pada 2021. Jumlah pengguna boseh dalam kurun waktu yang sama di 2021 baru mencapai 3570 pengguna. Terdiri dari Januari 1285, Februari 841 dan Maret 1444 penggunaan.

Yudhiana menerangkan, ada sejumlah sebab yang menjadikan penggunaan boseh di tahun ini menurun drastis. Pertama karena sudah mulai menjamurnya jasa penyediaan sepeda di beberapa kawasan di Kota Bandung. Seperti di kawasan Kiara Artha Park.

Tantangan berikutnya adalah berkembangnya penggunaan sepeda listrik atau e-scooter. Bahkan masyarakat juga sudah ada yang menyediakan jasa sewa untuk sepeda listrik tersebut. Contohnya juga di kawasan Kiara Artha Park.

Dishub melalui BLUD UPTD Angkutan sebenarnya juga sudah mulai mengoperasionalkan layanan sepeda listrik ataupun e-scooter. Hal itu bisa dijumpai di kawasan Summarecon Bandung.(son)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan