Gubernur Lampung Salahkan Pengusaha Usai Jokowi Kunjungi Jalanan Rusak di Lampung

JABAR EKSPRES – Dalam kunjungannya ke Lampung, Jokowi melintasi jalanan yang rusak.

Presiden Joko Widodo pun memberikan semacam pengingat bahwa jalan merupakan salah satu elemen dari kelancaran ekonomi.

Maka dari itu, ia meminta pihak-pihak terkait untuk memberikan perhatian atas jalanan yang rusak demi kelancaran laju ekonomi.

“Pentingnya infrastruktur jalan dalam rangka menurunkan biaya logistik. Itu akan berpengaruh pada harga-harga yang ada di pasar-pasar ini. Secepat-cepatnya dimulai (perbaikan jalan yang rusak),” kata orang nomer wahid di Indonesia itu, dikutip dari akun Twitter resminya @jokowi, Jumat 5 Mei 2023.

Perihal kunjungan Presiden Joko Widodo tersebut, Gubernur Lampung mengatakan penyebab rusaknya jalan-jalan di Lampung.

BACA JUGA: Tewas Tiba-Tiba, Inilah Penyebab Tewasnya Pelaku Penembakan Kantor MUI

Gubernur Lampung Salahkan Pengusaha

“Hanya satu yang saya minta karena sudah dibantu oleh Presiden (Jokowi), maka masyarakat sekitar serta pengusaha harus menjaganya,” kata Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Jumat 5 Mei 2023.

Dalam hal ini, ia mengatakan bahwa tonase kendaraan yang kelebihan dari pengusaha merupakan salah satu penyebab ancurnya infrastruktur.

“Pengusaha harus menyadari kemampuan tonase, jangan berlebihan. Dan nanti akan dilakukan penertiban bersama polda,” katanya.

Ia juga mengaku bakal melakukan tindakan tegas bagi pihak-pihak yang terbukti melakukan pelanggaran.

“Kita harus tegas mengenai ini, kalau tidak mau dilelang saja,” kata dia.

BACA JUGA: Miris, 20 WNI Diperbudak di Myanmar, Jokowi ke Kemenlu: Segera Pulangkan Mereka!

Sebelumnya, dalam kunjungan Presiden Joko Widodo ke berbagai titik infrastruktur jalan yang rusak parah di Provinsi Lampung.

Jokowi sempat melontarkan sejumlah tanggapan singkat terkait kesan selama melalui jalan yang cukup rusak ekstrem, hingga harus mengganti kendaraan akibat kondisi jalan yang buruk.

“Tadi jalannya mulus, enak, dinikmati, hingga Pak Zulkifli Hasan tertidur di mobil karena jalannya mulus,” kata Jokowi singkat.

Dalam tinjauannya di beberapa lokasi infrastruktur jalan yang rusak, Jokowi berkesempatan pula melakukan pemeriksaan secara langsung kondisi jalan yang rata-rata rusak serta banyak lubang yang telah ditutup secara swadaya oleh masyarakat dan perusahaan, sembari menyapa masyarakat setempat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan