Wagub Jabar Berikan Penghargaan Siswa dan Guru Berprestasi

JABAR EKSPRES –  Sejumlah siswa di Jawa Barat panen prestasi. Wakil Gubernur Jawa Barat (Wagub) Uu Ruzhanul Ulum memberikan penghargaan kepada para siswa termasuk pendidik yang telah menorehkan prestasi.

Penghargaan tersebut diberikan kepada 3 siswa perwakilan Jawa Barat. Ketiga siswa tersebut yaitu Rafka Imanda Putra, siswa SMKN 4 Bandung yang meraih juara I Turnamen Sains Data Nasional 2022 dan Muhammad Gibran Wily Albani, siswa SLB Budi Nurani Kota Sukabumi (Juara I Lomba Menyanyi FLS2N PDBK Tingkat Nasional). 

Satu lagi, Muhammad Dihya Aby Abdi Manaf, siswa QSBS Al Kautsar 561 Tasikmalaya (Juara II International Chemistry Olympiad di Cina). 

Selain memberikan penghargaan kepada siswa siswi di Jawa Barat, Wakil Gubernur Uu juga memberikan penghargaan kepada guru pengajar di Jawa Barat. Uu menyampaikan, seperti semboyan bapak pendidikan Indonesia yakni iIng ngarso sung tulodo, Ing madyo mangun karsa, Tut wuri handayani. 

“Itulah semboyan Ki Hajar Dewantara yang bisa diamalkan seluruh pendidik di Indonesia. Para Pendidik harus memiliki sikap di depan menjadi teladan, di tengah memberi semangat, di belakang memberi kekuatan,” kata Uu. 

Para pendidik yang meraih penghargaan tersebut merupakan perwakilan dari ribuan prestasi yang diraih pendidik di Tatar Parahyangan.

Wagub Uu menuturkan, pendidikan di Jabar harus dibingkai dengan keimanan dan ketakwaan serta harapan para siswa yang memegang teguh tiga slogan orang tua terdahulu, yakni nyunda, nyantri, dan nyakola.

“Anak yang nyunda tahu tentang kesopanan, karakter budaya orang Sunda antara lain silih asih, silih asah, silih asuh, kemudian nyantri adalah beragama memiliki keimanan dan ketakwaan yang hebat, yang dicirikan dengan moral, dan yang, ketiga nyakola, memiliki intelektual yang hebat melebihi rata-rata masyarakat lainnya,” ungkapnya. /

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan