Tanggapi Aksi Bule Ludahi Imam Masjid, Ini Kata Plh Kota Bandung

PERISTIWA tidak mengenakan sempat dialami seorang imam masjid di Bandung, yakni setelah dirinya diludahi seorang warga negara asing.

Sontak, rekaman CCTV dalam masjid yang tersebar luas memperlihatkan aksi tidak terpuji itu, seketika menjadi sorotan publik.

Tak terkecuali Plh Wali Kota Bandung, Ema Sumarna. Dia menyesalkan aksi bule yang ludahi imam masjid itu, bisa menimpa warganya.

Terlebih, kata Ema, toleransi antar umat beragama di Kota Bandung telah berjalan dengan baik. Lantas dirinya menyesalkan peristiwa tersebut bisa terjadi.

Menurutnya, siapapun mesti mampu menghargai aturan maupun kultur yang ada di Kota Bandung.

“Tidak mengedepankan emosional dan egoisme,” kata Ema di Balai Kota Bandung, Selasa (2/5), dilansir dari lama resmi Pemkot Bandung.

Ema mengatakan, dalam kehidupan beragama dan bermasyarakat, harus saling bertoleransi agar terjalin hubungan yang baik.

“Alhamdulillah kedewasaan beragama di masyarakat sudah luar biasa,” ujarnya.

Ema pun mengapresiasi Polrestabes Bandung yang telah sigap menangani masalah tersebut. Ema pun menyerahkan masalah hukum kepada penegak hukum yang berwenang.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada unsur penegak hukum, Polrestabes Bandung yang telah sangat sigap menangani ini,” katanya.

“Kalau berbicara masalah hukumnya, kita serahkan saja kepada aturan main hukum supaya memberikan keadilan yang proporsional kepada masyarakat,” imbuhnya.

Sebelumnya, seorang imam di Masjid Al Muhajir, Kecamatan Buahbatu, Kota Bandung mendapat perlakuan tidak menyenangkan oleh Warga Negara Asing (WNA) asal Australia. Dia diludahi dan dimaki bule tersebut ketika sedang memutar lantunan ayat suci Al-Qur’an atau murattal, Jumat 28 April 2023 lalu.

Aksi tak terpuji bule itu viral di media sosial. CCTV masjid tersebut merekam detik-detik saat bule itu tiba-tiba memasuki masjid.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan