Belum Ada SMP Negeri di Cinambo. Komisi D Dorong Pemkot Segera Tuntaskan Pembangunan Sekolah Baru

Jabar Ekspres – Komisi D DPRD Kota Bandung terus mendorong adanya pemerataan fasilitas pendidikan di Kota Bandung. Khususnya di wilayah Kecamatan Cinambo yang sampai kini masih belum memiliki SMP Negeri.

Hal itu diungkapkan Ketua Komisi D DPRD Kota Bandung Aries Supriyatna, Selasa (2/5). Tepat di peringatan Hari Pendidikan Nasional 2023 ini pihaknya prihatin masih ada kecamatan di Kota Bandung yang belum memiliki SMP Negeri.

“Kami hanya bisa mendorong agar terjadi pemerataan fasilitas pendidikan. Khususnya SMP,” katanya kepada Jabar Ekspres.

Politikus PDIP itu menambahkan, pemerataan sarana pendidikan khususnya di Kecamatan Cinambo itu jadi salah satu konsen Komisi D. Menurutnya, pemerataan menjadi hal yang penting di tengah berlakunya sistem zonasi pada penerimaan peserta didik.

“Itu untuk bisa menampung semua siswa yang akan melanjutkan pendidikan ke sekolah menengah,” jelasnya.

Aries menguraikan, dari pantauannya sebenarnya pembangunan gedung SMP Negeri baru telah direncanakan untuk dibangun di Kecamatan Cinambo. Rencana itu sudah lama muncul. Tetapi memang sampai saat ini masih belum terealisasi.

“Kendalanya itu di pengadaan tanah. Kadang tanah ada tapi lokasi kurang pas. Atau harga terlalu tinggi dari pagu yang disiapkan,” jelasnya.

BACA JUGA: Kadivpas Jabar Pastikan Viral Kamar Mewah Rutan Kebon Waru Sudah Bersih

Aries menambahkan terbaru, Pemkot Bandung sudah bisa mendapatkan tanah untuk gedung SMP Negeri. Tapi terkendala akses jalan masuk yang juga membutuhkan pembebasan lahan lagi.

“Sepertinya sudah mau mendekati selesai,” sambungnya.

Keberadaan SMP Negeri tentu menjadi penting untuk menampung siswa didik sekolah dasar yang akan melanjutkan pendidikan. Sistem zonasi mengarahkan siswa didik bisa bersekolah di lokasi paling dekat dengan rumahnya. Jika di suatu kecamatan belum ada SMP Negerinya tentu memaksa siswa didik bersaing lebih untuk masuk ke SMP Negeri di kecamatan lain.

Dari data Dapokdik Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, jumlah siswa didik yang kini bersekolah tingkat Dasar di Kecamatan Cinambo juga tidak sedikit. Total ada 9.335 siswa dari 27 SD Negeri dan Swasta di Kecamatan tersebut.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan