Kapolrestabes Bandung Ingatkan Jajaran, Amankan Aksi May Day dengan Humanis

JABAR EKSPRES – Sedikitnya 580 personel dari anggota kepolisian Polrestabes Bandung bersiaga mengamankan aksi para buruh dalam Peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day.

Melalui informasi yang dihimpun Jabar Ekspres, massa aksi May Day di Kota Bandung dimulai dari berkumpulnya para buruh di area Monumen Perjuangan.

Kemudian massa bergerak ke Gedung DPRD Provinsi Jawa Barat dan Gedung Sate sambil berorasi. Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional sendiri digelar pada Senin, 1 Mei 2023.

Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Budi Sartono menerangkan, jumlah personel yang disipakan disebar di depan Gedung Sate sebanyak 480 dan di Gedung DPRD Jabar sebanyak 100 personel.

”Polrestabes Bandung melaksanakan kegiatan pengamanan di Gedung Sate maupun Gedung DPRD Jabar, pada Hari Buruh Internasional atau May Day,” kata Budi, Senin (1/5).

Untuk mengamankan aksi massa, Budi mengaku meminta agar jajarannya melakukan tugas untuk menjaga keamanaan dan aksi demo secara humanis agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan.

”Kami berikan pelayanan maksimal yang humanis dan persuasif, karena ini hari mereka. InsyaAllah tidak chaos,” jelasnya.

Sejak pukul 12.00 sampai 14.48 WIB, kawasan Gedung Sate dan Gedung DPRD Jabar terlihat masih sepi alias hanya sedikit massa aksi yang datang.

Sebagian massa May Day bergerak ke Jalan Cikapayang, Bandung. Menyuarakan tuntutan dan rencananya akan melanjutkan aksi puncak di Gedung Sate dan Gedung DPRD Jabar.

Ratusan orang berbaju hitam, biru dan merah terlihat memadati ruas Jalan Cikapayang. Bendera dengan beragam tulisan pun berkibar, mewakili aspirasi dalam tema Hari Buruh Internasional atau May Day.

”Silahkan buruh sampaikan pendapatnya, karena ini hari mereka. Kami akan mengamankan dengan humanis,” pungkas Kapolrestabes. (bas)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan