Mayday, Ono Surono Dorong Perusahaan Ciptakan Lingkungan Kerja Aman dan Sehat

JABAREKSPRES – Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Ono Surono mendorong setiap perusahan wajib menghadirkan lingkungan kerja yang aman dan sehat, karena hal itu merupakan hak dasar buruh.

Menurut Ono Surono, dikutip dari International Labour Organization (ILO), tema Hari Buruh 2023 adalah World Day for Safety and Health at Work 2023 atau Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sedunia 2023.

“Buruh wajib menjadi kekuatan bangsa untuk mewujudkan tujuan nasional yang ujungnya adalah Indonesia Adil dan Makmur, Indonesia Raya. Sehingga pembangunan tidak akan pernah berjalan dengan baik, bila tidak didukung SDM yang baik dan berdaya saing tinggi,” kata anggota Komisi IV DPR RI ini, Senin 1 Mei 2023.

Ono Surono memaparkan Jawa Barat adalah provinsi dengan UMK yang terbesar di seluruh Indonesia seperti Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang dan Kabupaten Bandung.

Sehingga, kata dia,  harus ada kontribusi terhadap Indeks Pembagunan Manusia (IPM) dan penurunan angka kemiskinan di Kabupaten/Kota yang berbasis industri tersebut.

“Masih ada pekerjaan rumah yang harus dilakukan untuk wilayah seperti Karawang,  Bandung, dan lainnya, dimana dengan UMK yang tinggi ternyata masih ada kemiskinan ekstrem disana. Sehingga perlu ada upaya mempersiapkan SDM rakyat di wilayah itu sehingga bisa diserap dengan oleh perusahaan / pabrik disana,” tutur Ono Surono.

Ono Surono berharap dengan pembangunan infrastruktur dan fasilitas pendukung sektor industri di Jawa Barat maka ada potensi pembangunan dengan penyerapan tenaga kerja (buruh) yang besar.

“Misalnya Pelabuhan Patimban di Subang, Bandara Kertajadi di Majalengka dan Kawasan Indramayu Cirebon-Indramayu-Sumedang-Kuningan yang sudah ditetapkan sebagai kawasan Rebana Metropolitan dapat menyerap sumber daya manusia yang besar,” tandasnya. (bbs)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan