Usai Lebaran Sampah Meningkat Dua Kali Lipat, Hengky Kurniawan Ingatkan Warga untuk Jaga Kebersihan

JABAR EKSPRES – Pasca libur Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriyah, sampah di Kabupaten Bandung Barat (KBB) meningkat dua kali lipat dari hari biasa.

Merespons hal tersebut, Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan mengingatkan masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan.

Baca Juga: Disparbud Catat Lebih dari 500 Ribu Orang Kunjungi Wisata di Jabar Selama Libur Lebaran 2023

“Sampah menjadi persoalan yang krusial saat ini, maka dari itu kami Pemda Bandung Barat berpesan agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan,” ucap Hengky, Jumat (28/4/2023).

 

Menurutnya, usai lebaran lokasi yang menjadi titik fokus pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Bandung Barat dalam mengatasi persoalan sampah yaitu di lokasi wisata yang menimbulkan tumpukan sampah liar.

“Permasalahan sampah di kawasan wisata di KBB saat ini masih menjadi problematika yang krusial,” sebutnya.

Selain itu, kesadaran masyarakat mengenai menjaga kebersihan lingkungan masih minim. Hengky mengatakan bahwa persoalan ini bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah daerah, namun juga masyarakat KBB, tak terkecuali juga wisatawan yang hendak berlibur ke Bandung Barat.

“Ini harus digaris bawahi, menjaga dan membangun daerah (bebas sampah) itu tanggung jawab kita bersama,” bebernya.

Hengky mengklaim selama ini pemkab Bandung Barat terus melakukan upaya dalam pengelolaan sampah, akan tetapi upaya itu terus terhambat.

“Ini akibat masih adanya masyarakat KBB yang belum terbangun kesadarannya akan kebersihan lingkungan,” jelasnya.

 

Dirinya juga menyebut masyarakat yang buang sampah, namun saat ada insiden banjir pihak pemerintah Bandung Barat yang disalahkan.

Oleh karenanya, dalam upaya tersebut pada Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Bandung Barat (KBB) pihaknya akan menggelar gerakan bersama peduli lingkungan serta kebersihan.

“Termasuk tadi ada ide-ide kerja bakti massal dan sebagainya, saya rasa ini hal yang baik yang nanti akan kita diskusikan di internal,” imbuhnya

Sebelumnya, Lonjakan sampah di KBB meningkat selama lebaran sebanyak dua kali lipat, penyebab tersebut disebut dari meningkatnya jumlah pemudik dan wisatawan.

 

Kasubag UPT Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bandung Barat, Syahria, menyebutkan jumlah sampah selama libur lebaran hingga sekarang muncul secara dua kali lipat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan