Pasca Lebaran, Harga Cabai Rawit dan Daging Sapi Menurun

HARGA cabai rawit dan daging sapi menurun, pasca perayaan musim lebaran tahun ini.

Hal tersebut berdasarkan pantauan Satuan Tugas (Satgas) Pangan Polri.

Yakni seusai Satgas Pangan Polri, memonitor ketersediaan bahan pokok pasca perayaan hari Raya Idul Fitri 2023.

Operasi pemantauan harga bahan pokok tersebut dilakukan rutin, baik itu di pasar tradisional maupun retail modern.

“Harga bahan pokok terpantau stabil hingga H+7 Idul Fitri dan beberapa turun harga,”kata Kasatgas Pangan Polri Brigjen Whisnu Hermawan di Jakarta, Jumat (28/4) dilansir Disway.id, Jumat (28/4).

Harga beras terpantau di kisaran harga Rp10.000 – Rp11.500 dan ini masih sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET).

Sedangkan untuk cabai rawit merah yang harganya sempat tinggi (H-7 ) atau di awal sebelum lebaran, saat ini sudah turun dengan rata-rata antara Rp.48.000/kg – 57.000/ kg.

Untuk harga Daging Sapi dijual dengan harga kisaran Rp128.400/kg atau turun dari harga sebelumnya Rp 129.000/kg.

Begitu pula dengan harga telur ayam yang turun sekitar 0.3% dimana sebelum lebaran pedangang menjual dengan harga Rp.29.500/ kg namun saat ini dijual dengan harga Rp.29.400.

Adapun pihaknya telah memantau sejumlah lokasi pasar. Diantaranya pasar tradisional di wilayah Jakarta, Tangerang, dan Bekasi.

Beberapa pasar tersebut, diantaranya pasar Mampang Prapatan Jakarta Selatan; Pasar Lenteng Agung Jakarta Selatan; Pasar Minggu Jakarta Selatan; Pasar Cijantung Jakarta Timur; Pasar Kavling Tanjung Lengkong Jakarta Timur; Pasar Palmerah Jakarta Barat; Pasar Bendungan Hilir Jakarta Pusat; Pasar Pintu Air Jakarta Pusat; Pasar Kranggan Kota Bekasi.

Dari hasil pengecekan itu, Satgas Pangan Polri menemukan adanya beberapa bahan pokok yang mengalami penurunan harga.

Meski demikian, Brigjen Whisnu Hermawan menambahkan, saat ini kondisi di pasar belum sepenuhnya normal.

“Ada beberapa kios yang masih tutup, namun tidak mengganggu karena pembeli pun juga tidak seramai sebelum Lebaran sehingga untuk ketersediaan atau stok bahan pokok di pasar tradisional Pasca Lebaran terpantau mencukupi,” jelas Whisnu.

Dalam kesempatan tersebut, Whisnu juga mengungkapkan bahwa Satgas Pangan Daerah di lapangan tidak menemukan adanya penimbunan bahan pokok, sehingga proses distribusi pasca lebaran tidak terganggu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan