Harga Daging Ayam Di Pasar Kiaracondong Bandung Belum Normal Pasca Lebaran

JABAR EKSPRES – Daging ayam merupakan salah satu dari sekian banyak bahan pokok yang dibutuhkan oleh masyarakat. Akan tetapi, harga daging ayam mengalami kenaikan di saat lebaran 2023 yang lalu dan hingga saat ini masih belum beranjak normal.

Berdasarkan pantauan dari Jabar Ekspres pada Jumat (28/4) pagi di Pasar Kiaracondong, Kota Bandung, harga daging ayam yang dijual oleh pedagang masih berada di kisaran Rp 40 ribuan.

“Sekarang ini kami jual (daging ayam) Rp 40 ribu,” ucap Alit, salah satu pedagang daging ayam di Pasar Kiaracondong.

Alit juga menjelaskan bahwa harga ini telah turun dari saat lebaran yang lalu. Saat lebaran lalu, harga daging ayam di sana menembus harga Rp 45 ribu. “Mulai Selasa hingga Rabu sudah turun,” ujarnya.

Menurut wanita tersebut, harga itu telah turun dibandingkan saat suasana Ramadhan dan lebaran. Namun, belum bisa sepenuhnya normal seperti biasa.

“Kalau hari biasa itu harga tertinggi paling Rp 38 ribu,” imbuhnya.

BACA JUGA: Pasca Lebaran, Harga Daging Ayam Belum Normal

Salah satu hal yang membuat harga salah satu kebutuhan pokok ini belum bisa berada di harga normal adalah faktor dari rumah potongnya sendiri, menurutnya. Hal ini dikarenakan seluruh kegiatan operasional di sana belum sepenuhnya berjalan normal. “Masih ada yang libur juga,” tambahnya.

Senada dengan pedagang yang lain, Tina yang juga merupakan pedagang ayam di Pasar Kiaracondong juga mengungkapkan bahwa harga daging ayam sudah turun, namun belum normal. “Sudah turun, tapi belum normal,” katanya.

Tina menjelaskan bahwa harga daging ayam saat ini berada di harga Rp 40 ribu. Tapi, saat lebaran bisa mencapai Rp 45 ribu. “Tapi kalau hari biasa dibawah Rp 40 ribu,” imbuhnya.

Sementara, untuk kebutuhan pokok lain seperti cabai telah cenderung menurun dan lebih murah dibanding saat Ramadhan dan lebaran. Salah satu pedagang cabai di Pasar Kiaracondong, Diki, mengungkapkan bahwa harga cabai yang dijual pada saat ini berada di harga Rp 30 ribu per kilonya. “Sekarang sudan normal. Kalau lebaran cabai merah tembus Rp 60 ribu, cabai tanjung bisa tembus Rp 80 ribu,” ucapnya. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan