Soal Banjir di Kabupaten Bandung, Dadang Supriatna: Akan Koordinasi dengan BBWS Citarum

JABAR EKSPRES – Bencana banjir yang terjadi di sejumlah wilayah di Kabupaten Bandung selain akibat hujan yang deras namun hal tersebut merupakan beberapa luapan Sungai Air Citarum yang melintasi sebagian wilayah.

Menanggapi hal tersebut Bupati Bandung Dadang Supriatna menjelaskan jika saat ini kondisi Hulu Sungai Citarum relatif masih bisa terkendali.

Baca Juga: Tinjau Sejumlah Lokasi, Bupati Bandung: Banjir Paling Besar di Kecamatan Majalaya

“Untuk hulu saat ini agak relatif bisa terkendali. Karena pada saat ini hulu sudah mulai diperbaiki baik itu resapan dan sebagainya,” ujar Dadang saat ditemui, Kamis 27 April 2023.

Selain itu Kang DS sapaan akrabnya menjelaskan jika persoalan banjir ini bukan hanya masalah di hulu sungai Citarum namun juga di hilir sungai karena adanya sedimentasi tanah yang berada di sana.

“Tapi yang jelas mulai dari kehilir ini kita juga harus bisa sikapi karena pada dasarnya ini terjadi sedimentasi dari pada tanah yang berada di wilayah hilir,” katanya.

Pihaknya pun kata Dadang akan segera berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum untuk segera melakukan perbaikan terkait persoalan banjir di Kabupaten Bandung.

“Kita juga akan segera koordinasi dengan BBWS bahwa ini pengerukan harus wajib dilakukan untuk menanggulangi persoalan banjir yang ada di wilayah kabupaten bandung,” ungkapnya

Adapun melihat akhir-akhir ini intensitas hujan cukup tinggi Dadang pun sudah melakukan imbauan kepada masyarakat dengan melakukan edukasi jika adanya terjadi bencana alam.

“Kami sudah mengadakan kemarin imbauan kesiapsiagaan bencana serempak dengan kepala desa, perangkat desa, masyarakat dan kepala BPBD. Bahwa untuk siap siaga atau siap untuk selamat dalam rangka kesiapsiagaan bencana yang ada di Kabupaten Bandung tentunya harus ada edukasi, manakala terjadi longsor, atau gempa apa yang harus dilakukan ini untuk meminimalisir persoalan korban yang terjadi bencana di Kabupaten Bandung,” tutupnya. (Agi)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan