Ridwan Kamil Tunjuk Bernardus Sebagai Kepala BP Rebana, Ini Tugasnya!

JABAREKSPRES – Setelah dilakukan kajian, Gubenur Jawa Barat menujuk Bernardus Djonoputro sebagai Kepala Badan Pengelolaan Rebana (BP Rebana).

Menurutnya, penunjukan ini sudah memiliki landasan hukum sesuai Peraturan Presiden Nomer 87 Tahun 2021.

Kepala BP Rebana nantinya akan bertugas memfasilitasi pengembangan di kawasan Rebana yang meliputi lima wilayah Jawa Barat bagian utara.

‘’BP Rebana bertugas mengoordinasikan dan memfasilitasi pengembangan di wilayah dengan total 43 ribu hektare,’’ kata Ridwan Kamil dalam keterangannya, Kamis, (28/4)

Pengembangan wilayah ini meliputi Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kuningan, Indramayu dan Majalengka.

‘’Jika ditotal penduduknya ada sekitar 10 juta jiwa,’’ ujar Ridwan Kamil.

Ridwan Kail menginginkan agar Kepala BP Rebana segera melakukan percepatan untuk menjaring investor.

Menurutnya wilayah Rebana merupakan kawasan investasi yang memiliki potensi ekonomi sangat besar.

‘’Jadi kepada Kepala BP Rebana agar bisa menjemput investasi,’’ cetus Ridwan Kamil.

Kang emil –sapaan akrab Gubenur Jawa Barat juga mengingatkan, Kabupaten/Kota di Kawasan Rebana juga memiliki peran untuk turut membantu dalam investasi.

Untuk itu, agar target perolehan investasi sesuai rencana, Ridwan Kamil meminta agar menjemput bola menawarkan kepada para investor untuk menjalin kerjasama.

“Investasi itu door to door marketing bukan politik jaga warung,” tutup Ridwan Kamil.

Untuk diketahui, Bernardus Djonoputro atau yang akrab disapa Bernie merupakan ahli pembiayaan infrastruktur, kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU), dan pengembangan kawasan.

Bernie merupakan jebolan jurusan Perencanaan Kota dan Wilayah Institut Teknologi Bandung.

Bernie memiliki 30 tahun pengalaman sebagai manajemen dan pimpinan di firma advisory dunia termasuk EY, Deloitte dan PwC, dan seringkali menjadi team leader untuk berbagai proyek strategis nasional infrastrutur Indonesia.

Bernie dikenal memiliki jejaring internasional kuat di dunia investasi infrastruktur, Bernie saat ini menjabat Ketua Majelis Kode Etik di Ikatan Ahli Perencanaan Kota dan Wilayah (IAP).

Bernardus aktif sebagai konsultan bagi investor, korporasi, lembaga bilateral, serta pemerintah pusat dan daerah di Indonesia dalam proyek infrastruktur, PPP dan tata kota.

Bernardus memiliki keahlian dalam menyelesaikan transaksi signifikan, aksi korporasi, dan program transformasi dalam aset infrastruktur dan bisnis, termasuk pelabuhan, jalan tol, air dan listrik.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan