5 Obat Bius Alami Tanpa Efek Samping Bisa Bantu Tidur

Selain membantu menjaga kualitas tidur, teh chamomile juga dapat memberikan manfaat untuk kesehatan jantung dan mengurangi risiko terkena kanker. Untuk memberikan rasa yang lebih enak, teh chamomile bisa ditambahkan dengan madu, jahe, daun mint, atau apel. Teh ini juga cocok disajikan dengan kayu manis dan sirup maple secukupnya.

  1. Teh lemon balm
Obat Bius Alami 3
image : urbanleaf

Lemon balm telah lama digunakan untuk mengatasi masalah insomnia, mengurangi gangguan pencernaan, dan memiliki manfaat kesehatan lainnya. Teh dari lemon balm terbukti membantu mengurangi stres dan kecemasan serta memberikan efek menenangkan. Ini juga bisa Anda gunakan sendiri sebagai obat bius alami agar mudah tertidur.

Rasanya yang unik memiliki rasa asam dan manis yang tercampur dengan aroma mint dan jeruk yang segar. Teh lemon balm dapat dibuat dari daun segar atau kering dengan cara merendamnya dalam air panas selama 10-15 menit kemudian disaring.

  1. Teh Ashwagandha

Salah satu ramuan minuman yang dapat membantu merangsang tidur adalah akar Ashwagandha. Ashwagandha telah lama menjadi bahan penting dalam pengobatan Ayurveda kuno, dan biasanya digunakan untuk mengatasi masalah insomnia.

Selain akarnya, ekstrak dari daun dan buah Ashwagandha juga digunakan untuk mengobati stres, kecemasan, radang sendi, dan memberikan efek menenangkan pada tubuh. Namun, sebelum mengonsumsi teh Ashwagandha, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, karena teh ini dapat memberikan dampak negatif pada orang dengan kondisi jantung atau tiroid yang tidak stabil, wanita hamil atau menyusui, dan orang dengan gangguan autoimun.

  1. Teh valerian
image : Gonzalo Calle Asprilla

Selama bertahun-tahun, akar tanaman valerian telah dipercaya sebagai obat untuk insomnia dan gangguan tidur. Akar valerian mengandung banyak antioksidan seperti hesperidin dan linarin. Selain itu, akar valerian juga terkenal untuk meningkatkan kualitas tidur seseorang.

Asam valerenat, senyawa lain yang terkandung dalam akar valerian, membantu merangsang tidur dengan cara memecah asam gamma-aminobutyric (GABA) di otak, sehingga membantu menenangkan dan memberikan perasaan tenang. Namun, minuman yang terbuat dari akar valerian harus dihindari oleh ibu hamil dan anak-anak.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan