Wisata di Saat Cuaca Panas, Jangan Lupa Lakukan Hal ini

JABAR EKSPRES – Cuaca panas ekstrim sedang melanda beberapa kawasan di Indonesia. Indeks sinar Ultra Violet (UV) mencapai ketinggian yang membahayakan bagi kesehatan terutama kulit. Ini Tips untuk wisata saat cuaca dengan panas diluar rumah.

Sementara saat ini warga Indonesia sedang menikmati masa-masa liburan lebaran, dimana banyak orang menghabiskan waktu diluar rumah bersama keluarga.

Padahal BMKG mengeluarkan peringatan untuk tetap berada dirumah, karena sinar matahari sedang tidak bersahabat dengan kesehatan manusia.

Untuk jam-jam tertentu terutama disiang hari, sinar UV dari matahari sangat membahayakan bagi kulit, bisa menjadi kering bahkan terkelupas dan gosong.

Dilansir dari laman klikdokter, Berikut Tips menjaga kesehatan kulit, saat cuaca panas namun terpaksa harus keluar karena karena musim liburan tidak akan lama lagi berakhir.

1. Pastikan tetap menjaga kelembaban kulit saat berada diluar ruangan.

Yakni dengan cara menggunakan sunscreen dan sunblock.

Jika terpaksa harus keluar rumah saat cuaca terik, maka untuk mencegah kulit kering, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari merupakan salah satu hal wajib.

“Sunblock bekerja dengan membentuk lapisan pelindung pada permukaan kulit, sehingga menghalangi sinar ultraviolet dari matahari agar tidak mencapai kulit. Ada pun sunscreen, bisa membentuk lapisan yang bisa menyerap sinar ultraviolet sebelum sinar tersebut mencapai kulit,” ujar dr. Sepriani.

Selain mencegah kulit kering, penggunaan kedua bahan ini juga bisa mencegah Anda dari penyakit mematikan, seperti kanker kulit.

2. Minum air putih

Melembapkan kulit tidak hanya dilakukan dari luar, tapi juga dari dalam. Minum air putih yang cukup bisa menjaga kulit tetap terhidrasi sehingga permasalahan kulit kering pun bisa dicegah.

Menurut dr. Sepriani, cukupilah kebutuhan air minimal delapan gelas per hari atau setara dengan 2.000 liter.

3. Hindari mandi dengan suhu air yang terlalu panas

Bukan tidak boleh mandi dengan air hangat. Namun, ada baiknya jika dalam kondisi cuaca seperti ini, Anda hentikan dulu kebiasaan mandi dengan air hangat.

Tinggalkan Balasan