Aktivitas Masyarakat Kembali Normal, Pedagang Pasar Baru Bandung Rasakan Dampak Positif

JABAR EKSPRES – Lonjakan aktivitas masyarakat pada momentum Ramadhan hingga Idul Fitri 2023 atau 1444 Hijriah, sangat dirasakan dampak positifnya bagi pada pedagang.

Bagaimana tidak, pada tahun-tahun sebelumnya ketika pandemi Covid-19 masih tinggi kasus, omzet pedagang hingga perekonomian lokal alami penurunan.

Ketua Himpunan Pedagang Pasar Baru Bandung, Iwan Suhermawan mengaku, sangat bersyukur dengan kembali normalnya aktivitas masyarakat, usai terkendalinya pandemi Covid-19.

”Kita bahkan alami peningkatan kunjungan, terutama saat mendekati hari lebaran,” kata Iwan kepada Jabar Ekspres melalui seluler, Senin (24/4).

”Meningkatnya kunjungan itu, didasari oleh normal kembalinya aktivitas masyarakat di setiap sektor tentu, setelah pandemi Covid-19 terkendali,” lanjutnya.

Iwan meyampaikan, kunjungan pembeli pada Ramadhan 2023 mengalami peningkatan yang signifikan, apabila dibandingkan dari tahun sebelumnya.

Alhamdulillah, mendekati Idul Fitri tahun ini, kunjungan ke Pasar Baru ada peningkatan pengunjung sampai 300 persen,” ujarnya.

Iwan menjelaskan, jika melihat aktivitas masyarakat ke Pasar Baru Bandung di hari biasa, kunjungannya sekira ada di angka 10 ribu.

”Kalau di hari biasa sekitar 10 ribu kunjungan, di bulan Ramadhan ini bisa mencapai 15 bahkan 20 ribu tingkat kunjungan,” jelasnya.

Dampak positif lain dari normal kembalinya aktivitas masyarakat di tahun ini, diakui Iwan, yakni bertambahnya jumlah pedagang yang aktif di Pasar Baru Bandung.

Dia menerangkan, untuk keterisian ruang dagang di Pasar Baru Bandung, saat ini sebanyak 75 persen pedagang tercatat aktif.

”Dari 4.200 ruang dagang itu, 70 sampai 75 persen sudah terisi, ini sudah bagus. Untuk 25 persennya belum terisi jadi masih tutup,” terangnya.

Terkait aktivitas pedagang di Pasar Baru Bandung, Iwan mengungkapkan, hari liburnya belum bisa ditentukan.

”Kemarin rencana kita 3 hari libur dari awal Hari Raya Idul Fitri, tapi belum dipastikan apa diperpanjang atau enggak,” ungkapnya.

Iwan berpesan, supaya masyarakat bisa terus mempercayakan perniagaan konfensional di era digitalisasi, dengan tetap melakukan jual-beli di Pasar Baru Bandung.

Ucapan terima kasih pun tak lupa disampaikan oleh Ketua Himpunan Pedagang Pasar Baru Bandung tersebut.

”Terima kasih kepada para pengunjung masih mempercayakan kami, insyaAllah kami tetap pertahankan harga yang kompetitif dan kualitas barang terjamin tentunya,” pungkasnya. (bas)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan