Jangan Dilewatkan! Ini 5 Keutamaan Puasa Syawal yang Bisa Dapat Pahala Puasa 1 Tahun

JABAR EKSPRES – Bulan Ramadhan dan Idul Fitri 2023 telah terlewati. Kini umat Islam telah memasuki bulan Syawal. Tahukah Anda jika menjalankan ibadah puasa sunnah selama 6 hari di awal bulan Syawal memiliki banyak keutamaan? Yuk simak apa saja keutamaan yang bisa diperoleh!

Puasa Syawal mulai bisa dilaksanakan pada tanggal 2 Syawal, atau tepatnya sehari setelah umat Islam merayakan Lebaran 2023.

Puasa sunnah ini sangat dianjurkan bagi umat Islam yang ingin memperoleh banyak pahala serta kebaikan.

Rasulullah SAW menganjurkan agar orang beriman dapat melaksanakan ibadah ini karena terdapat banyak keutamaan yang akan sangat sayang jika dilewatkan.

Memang godaan bagi umat muslim akan sangat besar jika ingin melakukan puasa Syawal ini, terutama melewati Ramadhan.

Belum lagi biasanya masih banyak hidangan yang tersaji setelah Idul Fitri. Sehingga orang yang bisa melaksanakan puasa Syawal ini dijanjikan oleh Allah akan mendapatkan banyak keutamaan, diantaranya seperti berikut ini.

Baca Juga: 3 Rekomendasi Tempat Wisata di Bandung yang Cocok untuk Libur Lebaran 2023, Seru-Seruan Bersama Keluarga

5 Keutamaan Puasa Syawal

1. Pahala Puasa Setara Puasa Satu Tahun

Keutamaan yang bisa diperoleh dengan melaksanakan 6 hari puasa Syawal sebagaimana sabda Rasulullah dalam suatu hadits, yaitu ia akan memperoleh pahala yang setara dengan satu tahun berpuasa.

“Barang siapa berpuasa Ramadhan kemudian dilanjutkan dengan enam hari dari Syawal, maka seperti pahala berpasa setahun.” (HR Muslim)

Selain itu, dalam Al-Qur’an surat Al-An’am ayat 160 diterangkan bahwa setiap satu amal ibadah akan dibalas pahala sepuluh kali lipat. Oleh karena itu, jika 1 bulan puasa Ramadhan dikali 10 setara dengan 10 bulan dan 6 hari puasa Syawal dikali 10 sama dengan 2 bulan. Hal ini jika dikalkulasikan setara dengan 12 bulan atau setahun penuh.

2. Sebagai Penyempurna Puasa Ramadhan

Puasa Syawal menjadi penyempurna puasa Ramadhan. Karena ibadah sunnah memang sebagai penyempurna ibadah wajib.

3. Tanda Diterimanya Puasa Ramadhan

Salah satu ciri-ciri diterimanya amal ibadah seseorang yaitu dengan konsistensi melaksanakan ibadah lainnya setelah ibadah pertama selesai. Setelah melakukan ibadah puasa Ramadhan memang keimanan umat Islam kembali diuji, apakah dia mampu untuk menjaga imannya layaknya saat Ramadhan atau imannya kembali menurun. Melaksanakan puasa Syawal bisa menjadi tanda bahwa orang tersebut semakin semangat menjalankan ibadah dan mengamalkan hal-hal baik setelah Ramadhan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan