Puncak Arus Balik Diprediksi Bakal Terjadi 25-26 April 2023

JABAR EKSPRES – Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat (Polda Jabar), Irjen Pol Akhmad Wiyagus memprediksi puncak arus balik lebaran bakal terjadi pada 25 – 26 April 2023.

Kapolda mengaku, bakal selalu sigap memantau maupun mengatur dan mengantisipasi jika terjadi kepadatan arus lalulintas.

”Polda Jabar juga sudah mendirikan 328 pos mulai dari pos terpadu, pengamanan, dan pelayanan juga, dan ada sekitar 27.537 personel yang tersebar (untuk melakukan pemantauan arus  balik 2023),” ucapnya saat ditemui di Masjid Raya Al-Jabbar, Kota Bandung, Sabtu (22/4).

Akhmad menilai, pelaksanaan mudik lebaran kemarin cukup terkendali dan relatif aman. Dia pun berharap, saat arus balik nanti, para pemudik tetap mengikuti aturan dan imbauan dari petugas.

”Kepada masyarakat yang melaksanakan arus balik nanti, jangan sungkan untuk beristirahat di pos-pos yang sudah tersedia. Tidak perlu takut. Karena, kelelahan adalah salah satu penyebab dari kecelakaan,” terangnya.

Sebelumnya, 27.537 personel atau petugas gabungan baik TNI, Polri, dan Instansi lainnya, disiagakan polda Jabar untuk melakukan pengamanan dan pemantauan arus mudik maupun balik Tahun 2033.

Selain puluhan ribu personel, Polda Jabar juga telah menyediakan 328 pos yang terdiri dari 222 pos pengamanan, 26 pos terpadu, dan 80 pos pelayanan.

”Dalam kesempatan ini, kami juga mengimbau kepada seluruh pemudik untuk memanfaatkan pos-pos tersebut. Gunakan untuk istirahat jika merasa lelah,” imbaunya.

”Jangan paksakan mengemudi karena keluarga menunggu di rumah,” pungkasnya. (san)

Tinggalkan Balasan