Lengkap!! Tata Cara Ibadah Sholat Idul Fitri

JABAR EKSPRES – Sebagai umat Muslim kita harus mengetahui tata cara sholat Idul Fitri yang telah dianjurkan oleh Allah SWT untuk merayakan hari lebaran.

Baca juga: 10 Ide Hampers yang Cocok Untuk Keluarga dan Teman Saat Lebaran

Setelah melaksanakan ibadah puasa selama satu bulan penuh, kita sudah merasakan keistimewaan dari bulan suci Ramdahan dan di akhiri dengan hari raya Idul Fitri yang bisa artikan juga sebagai hari suci seperti sebagaimana umat Muslim terlahir kembali dan bersih dari dosa.

Melansir dari nu.or.id secara umum syarat dan rukun ibadah sholat hari raya ini sama seperti sholat fardhu lima waktu dan ada beberapa teknis yang sifatnya sunnah.

Waktu sholat Idul Fitri dilakukan pada saat matahari terbit sampai masuk waktu sholat dzuhur yang akan di laksanakan pada tanggal 1 Syawal. Berbeda dengan sholat hari raya Idul Adha yang dilakukan pada waktu pagi hari lebih awal karena akan segera melaksanakan penyembelihan hewan qurban.

Tempat yang dilakukan oleh umat Muslim untuk melaksanakan ibadah sholat ini adalah di sebuah tanah lapang yang sebagaimana Hadist Rasulullah SAW bersabda:

رَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – يَخْرُجُ يَوْمَ الْفِطْرِ وَالأَضْحَى إِلَى الْمُصَلَّى

“Rasulullah shallalahu ‘alaihi wa sallam biasa keluar pada hari raya ‘Idul Fithri dan ‘Idul Adha menuju tanah lapang.” (Hadist Riwayat Abu Said)

Namun jika terjadi sesuatu seperti hujan atau lainnya, ibadah sholat Idul Fitri masih bisa di laksanakan di dalam masjid.

Berikut Tata Cara Ibadah Sholat Idul Fitri :

  1. Niat Sholat Idul Fitri dan Takbiratul Ihram.

أُصَلِّي سُنَّةً لعِيْدِ اْلفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ (مَأْمُوْمًا/إِمَامًا) لِلّٰهِ تَعَــالَى

“Aku berniat Sholat sunnah Idul Fitri dua rakaat (menjadi makmum/imam) karena Allah ta’ala”

  1. Baca doa iftitah dan takbir sebanyak tujuh kali

سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ وَلاَ إِلٰهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ

“Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada Tuhan selain Allah, Allah maha besar”

  1. Baca doa Al-fatihah dan surat lainnya. Dianjurkan untuk membaca surat Al- A’la
  2. Kemudian lakukan gerakan sholat seperti ruku, i’tidal, dan sujud sama seperti sholat pada umumnya
  3. Setelah berdiri lanjut rakaat kedua, dan takbir sebanyak lima kali sama seperti rakaat pertama membaca Al-fatihah dan dianjurkan membaca surat Al-Ghasiyah.
  4. Lalu dilanjutkan dengan ruku, i’tidal, sujud, dan kemudian salam
  5. Setelah melaksanakan ibadah sholat Idul Fitri para jamaah dianjurkan untuk mendengarkan khutbah atau ceramah terlebih dahulu sebelum beranjak dari tempat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan