Jadwal Imsak dan Waktu Sholat Bekasi Jumat, 21 April 2023

JABAR EKSPRES – Jadwal Imsak dan Waktu Sholat Bekasi pada hari Jumat, 21 April 2023 menjadi salah satu pedoman bagi umat Muslim di Indonesia untuk mengetahui waktu sahur dan berbuka puasa pada saat bulan suci Ramadhan.

Baca juga: Rp50 Buat 6 Orang! Resep Rendang Jamur & Opor Bola Tahu

Dengan adanya jadwal imsak dan waktu sholat Bekasi hari Jumat, 21 April 2023 ini bisa memudahkan dan membantu wilayah sekitar untuk menjalankan ibadah puasa bulan suci Ramadhan.

Waktu imsak menjadi salah satu waktu untuk “Menahan” dari segala sesuatu yang dapat membatalkan puasa seperti menahan makan dan minum. Imsak biasanya dilakukan 10-15 menit sebelum adzan Shubuh terdengar. Waktu Imsak juga menjadi tanda pengingat bahwa waktu shubuh akan segera tiba.

Maka dari itu waktu Imsak menjadi manfaat bagi umat Muslim untuk bersiap – siap menjalankan ibadah puasa dan tidak melakukan hal-hal yang dapat membatalkannya.

Sebagaimana dalam Hadist Riwayat Bukhari, Rasulullah SAW bersabda:

“Dari Zaid bin Tsabit Ra., ‘kami telah makan sahur bersama Nabi SAW. kemudian ia mendirikan sholat, aku berkata: berapakah lama jarak di antara adzan dan sahur? Ia mengatakan: berjarak kira-kira waktu membaca 50 ayat.” (HR. Bukhari)

Waktu Imsak juga bukan menjadi salah satu batasan untuk makan dan minum, bahkan Rasulullah SAW juga melakukan sahur pada saat berdekatan dengan adzan Shubuh.

Sebagaimana dalam Hadist dari Abu Umamah, bersabda:

Adzan sholat shubuh di kumandangkan, sementara Umar masih memegang gelas. Beliau bertanya: “Bolehkah aku minum, Wahai Rasullah?” Beliau pun menjawab “Ya” Umar pun meminumnya. (Riwayat Ibn Jarir dengan sanad hasan)

Selain Jadwal Imsak ada pula jadwal waktu sholat Bekasi yang sebagaimana seluruh Umat Muslim di Dunia diwajibkan untuk melaksanakan ibadah sholat. Sholat menjadi salah satu tiang agama bagi umat Islam yang tidak boleh di lupakan apalagi di lalaikan.

Sebagaimana Firman-Nya dalam Quran Surat An-Nisa ayat 103:

اِنَّ الصَّلٰوةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِيْنَ كِتٰبًا مَّوْقُوْتًا

“Sungguh, Sholat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.” (QS.An-Nisa:103)

Dikutip JabarEkspres.com dari situs resmi Kementerian Agama atau Kemenag pada Jumat, 21 April 2023, berikut Jadwal Imsak dan Waktu Sholat Bekasi dan sekitarnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan