Hingga H-1 Lebaran, 104 Ribu Pemudik Telah Berangkat dari Stasiun Bandung

JABAR EKSPRES – H-1 menuju Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriyah atau tahun 2023, KAI Daerah Operasional (Daop) 2 Bandung telah memberangkatkan sebanyak 104 ribu penumpang baik dari Stasiun Bandung maupun Kiaracondong.

Untuk di Stasiun Bandung, Manager Humas KAI Daop 2 Bandung, Mahendro Trang Bawono mengatakan sudah ada sekitar 51 ribu penumpang yang telah diberangkatkan.

Baca Juga: Mantan Ketua KY Jaja Ahmad Jayus Meninggal Dunia

Sedangkan untuk di Stasiun Kiaracondong, ucap dia sudah ada sekitar 36 ribu orang yang telah diberangkatkan.

“Jadi puncaknya (keberangkatan) untuk Kiaracondong  sendiri sudah terjadi pada hari kemarin (Kamis, 20/4) dengan 5 ribu orang yang berangkat. Namun untuk stasiun Bandung sendiri ini menarik, adalah puncak tertinggi keberangkatan itu justru terjadi di pasca lebaran. Jadi ditanggal 24 – 25 April, itu sudah mencapai 7 ribu orang yang tercatat dikami sementara,” ujarnya saat ditemui di Stasiun Bandung, Jum’at 21 April 2023.

Mahendro menejelaskan, rata-rata keberangkatan yang dituju di momentum angkutan lebaran tahun ini, sebagian besar ke kota-kota besar di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

“Tujuan favorit rata-rata ke kota-kota besar di Jawa tengah dan timur, seperti Surabaya, malang, solo, Kutoarjo, dan Semarang,” ucapnya\

Adapun tiket yang sudah terjual selama angkutan lebaran tahun 2023, ia menyebut sudah ada 210 ribu dari 260 yang disediakan KAI Daop 2 Bandung.

“Jadi masih ada sekitar 96 ribu (tiket) lagi yang akan berangkat nanti ampai tanggal 2 Mei 2023,” ungkapnya.

Sementara untuk jumlah kereta yang disediakan, ia menuturkan ada 27 perjalanan  di setiap harinya yang digunakan selama angkutan lebaran tahun 2023.

“Jadi kami siapkan untuk perharinya itu sebanyak 27 perjalanan, 4 dari kircon, 22 dari Bandung, lalu satu dari Garut. Dan itu, sudah termasuk kereta tambahan,” pungkasnya.

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan