Adab Bersilaturahmi Saat Lebaran

6JABAR EKSPRES – Merayakan hari kemenangan Idul Fitri 1444 Hijriyah, bukan hanya dengan beribadah kepada Allah melalui Zakat Fitrah dan sholat Iedul Fitri saja, melainkan dengan bersilaturahmi juga. Berikut adab untuk bersilaturahmi atau bertamu kerumah orang lain.

Tentu menjadi hal yang menyenangkan bila kita bisa saling mengunjungi sanak saudara saat berlebaran Idul Fitri.

Selain bisa melepas kerinduan, momen lebaran juga menjadi sarana untuk mempererat silaturahmi yang sudah terjalin, atau memperbaiki hubungan yang pernah retak.

Hal ini karena silaturahmi dengan mengunjungi orang dan saling menjamu, bermaaf-maafan dan mendoakan, akan membuka pintu maaf dan pintu keberkahan.

Meski memiliki tujuan mulia, namun tetap saja, dalam bersilaturahmi kita juga membutuhkan adab untuk melakukannya.

Berikut beberapa adab yang sebaiknya dilakukan untuk menjaga hubungan baik dan mendapatkan berkah dalam kunjungan silaturahmi tersebut:

1. Saling berjabat tangan dan saling memohon maaf

Tujuan utama bersilaturahmi di saat lebaran adalah mendapatkan maaf dari orang yang mungkin pernah kita sakiti.

Alangkah baiknya bila kita mengulurkan tangan terlebih dahulu atau mengunjunginya duluan sebelum orang lain.

2. Tidak Bertamu Terlalu Lama

Saat mengunjungi orang, usahakan jika hajat kita sudah tersampaikan, maka segera beranjak meninggalkan tempat tersebut.

Hal ini untuk menghindari terjadinya rasa tidak enakan, karena bisa jadi akan banyak tamu lain yang hadir juga, atau mungkin bisa jadi tuan rumah yangakan pergi atau karena ada kepentingan lain juga.

3. Ulurkan Tangan pada Orang yang Lebih Tua

Sudah sepatutnya saat bersama keluarga besar, kita mengulurkan tangan terlebih dahulu kepada orang yang lebih tua sebagai wujud hormat kita kepadanya. Jangan lupa untuk mengucapkan mohon maaf lahir dan batin.

4. Tidak Berlebihan saat Mengambil Makanan

Makanan-makanan yang disajikan saat lebaran pasti menggoda selera ya. Akan tetapi, meskipun kita sangat menyukai makanan tersebut, kita juga tidak boleh berlebihan dalam mengambilnya. Ingat, yang bertamu dan yang disuguhi makanan tersebut bukan cuma kamu saja.

5. Tidak Bertanya Secara Detail

Ini yang biasanya kita temui saat momen lebaran, bertanya terlalu detail tentang urusan orang lain. Bukan masalah sebenarnya, tapi terkadang seseorang tidak suka ditanyai begitu dalam. Apalagi jika urusan tersebut belum tuntas ia kerjakan. Lebih baik jika kamu bertanya tentang kabar, kemudian mengajak saudaramu makan kue kering yang ada di meja.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan