Menko PMK Sebut Penambahan Lajur Pengaruhi Kelancaran Arus Mudik

JABAR EKSPRES – Penambahan lajur dan fasilitas tambahan yang dilakukan Jasa Marga berpengaruh pada lancarannya arus mudik lebaran 2023.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dalam konferensi pers bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kamis (20/4).

Selain pemanfaatan dengan baik fasilitas tambahan yang disediakan, lanjutnya, penambahan lajur dan kebijakan one way serta contra flow yang dilakukan secara dinamis juga membuat lancar arus mudik tahun ini.

”Sejauh ini semua lancar. Belum ada dan mudah-mudahan tidak ada kecelakaan yang bersifat fatal sampai kegiatan arus balik,” terang Muhadjir Effendy.

Masih dalam konferensi pers yang sama, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebutkan jika tahun ini pemudik yang melintasi Gerbang Tol Cikampek sudah mencapai 163 ribu pemudik.

”Angka tersebut jadi angka tertinggi jika dibandingkan dengan 2022-2019. Jadi naiknya kurang lebih 20 persen dari tahun 2022,” sebutnya.

Terpisah, Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni mengapresiasi kelancaran arus mudik di 2023 ini. Dia pun memuji kinerja Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo beserta jajaran atas suksesnya pelaksanaan arus mudik 2023.

Terlebih dengan yang dilakukan Kapolri atas pelibatan pati Polri bintang 3 hingga rekayasa mudik di Pelabuhan Merak dan Ciwandan.

”Walaupun ada sedikit kekurangan, tapi secara keseluruhan sangat baik dan perlu diacungkan jempol,” katanya. (bbs/ziz)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan