Tips Pilih Pasta Gigi untuk Gigi Berlubang

Apa Saja Penyebab Gigi Berlubang?

Setelah tau cara memilih pasta gigi untuk gigi berlubang, sebagai langkah pencegahan maka kamu perlu mengetahui apa saja yang dapat menjadi penyebab gigi berlubang.

Gigi berlubang biasanya disebabkan oleh proses kerusakan email gigi yang disebabkan oleh bakteri yang memproduksi asam yang merusak lapisan email gigi. Berikut adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan gigi berlubang:

  1. Konsumsi makanan dan minuman yang tinggi gula

Gula dalam makanan dan minuman dapat menyebabkan produksi asam dalam mulut, yang dapat merusak email gigi.

  1. Kurangnya kebersihan gigi

Jika gigi tidak dibersihkan secara teratur, sisa makanan dan bakteri akan menumpuk di sekitar gigi dan mulut, yang dapat menyebabkan kerusakan gigi.

  1. Kurangnya fluoridasi

Fluoride membantu memperkuat email gigi dan mencegah kerusakan gigi. Jika gigi tidak terpapar fluoride yang cukup, maka gigi dapat menjadi lebih rentan terhadap kerusakan.

  1. Kebiasaan merokok

Nikotin dan tar dalam rokok dapat merusak gigi dan mempercepat kerusakan email gigi. Hal ini yang memicu gigi berlubang akibat terlalu sering merokok.

Selain menimbulkan bau mulut, kebiasaan meroko juga dapat meningkatkan resiko gigi berlubang.

  1. Kondisi medis tertentu

Beberapa kondisi medis seperti asam lambung yang berlebihan, bulimia, dan anoreksia juga dapat menyebabkan kerusakan gigi.

  1. Gigi yang tidak rata atau celah yang besar

Gigi yang tidak rata atau celah yang besar dapat menampung sisa makanan dan bakteri. Sisa makanan akan bertumpuk di celah gigi ini , dan jika tidak dibersihkan dengan menggosok gigi akan yang dapat menyebabkan kerusakan gigi seperti gigi berlubang.

Itulah tips memilih pasta gigi untuk gigi berlubang yang dapat membantu kamu menentukan pasta gigi seperti apa yang cocok bagi penderita gigi berlubang.

Namun langkah paling penting adalah mencegah lubang itu sendiri, dengan senantiasa menyikat gigi pagi dan malam secara teratur. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan