Resep Membuat Opor Ayam Tanpa Santan, Dijamin Sedap!

JABAR EKSPRES- Anda tidak bisa memakan makanan yang mengandung santan tetapi ingin makan opor saat Lebaran nanti? Simak di sini resep membuat opor ayam tanpa santan.

Ada kondisi Kesehatan tertentu yang melarang seseorang memakan makanan yang mengandung santan.

Di momen lebaran biasanya opor menjadi salah satu makanan wajib yang harus ada. Namun, bagi yang tidak bisa memakan makanan yang mengandung santan janganlah bersedih.

Dikarenakan kamu masih bisa memakan opor ayam tanpa santan. Bagaimana resep membuat opor ayam tanpa santan? Untuk mengetahuinya simak resep membuat opor ayam tanpa santan di sini.

Resep ini dikutip dari laman cookpad.com yang dibuat oleh pengguna cookpad yakni Silvi Atgi Septina.

Langsung saja, berikut resep resep membuat opor ayam tanpa santan

Resep opor tanpa santan dengan bahan yang dibutuhkan dan waktu masaknya sekitar 30 menit. Resep ini dapat mencukupi porsi untuk sekitar 5 orang. Bahan-bahan yang dibutuhkan meliputi:

500 gram ayam, 2 balok tahu putih, 5 biji telur puyuh rebus, bawang merah goreng, garam dan gula pasir secukupnya, 3 sendok makan fiber creme, dan air secukupnya.

Selain itu, bumbu halus yang dibutuhkan terdiri dari 6 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, 1 cm kunyit, 1 sendok teh ketumbar bubuk yang sudah disangrai, 3 butir kemiri yang sudah disangrai, 1/2 sendok teh lada bubuk, dan 1/2 sendok teh jinten bubuk.

Bumbu cemplung yang dibutuhkan adalah 2 lembar daun salam, 1 batang serai, 1 lembar daun jeruk, dan 1 ruas laos.

Cara Pembuatan

Langkah pertama dalam membuat opor tanpa santan adalah menyiapkan semua bahan, menghaluskan bumbu halus, serta menggeprek laos dan serai, kemudian sisihkan. Cuci ayam, kupas kulit telur, dan potong tahu.

Tumis bumbu halus tanpa minyak terlebih dahulu, karena saat menghaluskan bumbu tersebut menggunakan air.

Setelah air asat, baru tambahkan minyak dan masukkan bahan cemplung. Masak hingga bumbu meresap dan matang.

Langkah kedua adalah memasukkan ayam ke dalam bumbu, aduk rata, dan biarkan hingga ayam berubah warna.

Setelah itu, tambahkan air dan rebus hingga ayam empuk dan air sedikit menyusut. Beri gula dan garam, lalu tes rasa. Masukkan tahu dan telur puyuh, biarkan sebentar hingga tahu matang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan