Polres Sumedang Siagakan 727 Personil, Amankan Arus Mudik Lebaran 2023 hingga Objek Wisata

JABAR EKSPRES – Antusias masyarakat sambut Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah atau Lebaran 2023, diantisipasi oleh Polres Sumedang dengan memfokuskan titik rawan macet hingga kecelakaan di sejumlah akses arus mudik.

Antisipasi yang dilakukan Polres Sumedang menghadapi antusias masyarakat menyambut Polres Sumedang dikonfirmasi oleh Kapolres Sumedang, AKBP Indra Setiawan.

Indra Setiawan mengatakan, sebanyak 727 personil jajarannya disiagakan untuk menciptakan kondusifitas, menjaga keamanan dan ketertiban (Kamtibmas) selama libur mudik Lebaran 2023.

BACA JUGA: H-3 Jelang Lebaran 2023, Kawasan Nagreg Didominasi Kendaraan Roda Dua hingga 56 Persen

Selain itu, ia juga mengungkapkan bahwa Polres Sumedang menyiapkan sebanyak 8 pos pengamanan, 2 pos pelayananm dan 1 pos terpadu.

“Polres Sumedang pada pengamanan Idul Fitri tahun ini, menyiapkan 8 pos pengamanan, 2 pos pelayanan, dan 1 pos terpadu,” kata Indra Setiawan saat dikonfirmasi pada Rabu, 19 April 2023.

Dia menjelaskan, untuk pos-pos yang telah disiapkan tersebut, tidak berada di satu titik alias disebar ke beberapa lokasi wilayah hukum Polres Sumedang.

BACA JUGA: Jelang Lebaran 2023, Kemenhub Catat 1,3 Juta Pemudik Gunakan Jasa Angkutan Umum

“Disebar ke beberapa wilayah, terutama ke lokasi yang di sana ada kerawanan. Baik kerawanan macet dan laka lantas, atau kerawanan Kamtibmas lainnya,” kata Indra.

“Tujuannya supaya bisa lebih cepat, dalam menangani permasalahan yang ada,” lanjutnya.

Indra menerangkan, pihaknya pun menyiagakan pos gatur hingga pos wisata yang dengan penempatan di sejumlah objek wisata wilayah Kabupaten Sumedang.

“Untuk personil yang dilibatkan, kita ada 727 anggota Polres Sumedang. Itu pun nanti ada tambahan backup dari jajaran Polda Jabar,” katanya, menambahkan.

Indra mengungkapkan, pada pengamanan arus mudik lebaran 2023, turut dilibatkan dengan jumlah sekira 461 petugas gabungan dari instansi lain.

“Jadi sekitar 1.188 personil dari TNI-Polri, dari pemerintahan daerah dan juga dari mitra masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, bagi masyrakat yang hendak melakukan perjalnan mudik lebaran, Kapolres berpesan, agar tidak meninggalkan rumah dengan kondisi rawan pencurian.

“Kami juga menerima penitipan kendaraan, bagi masyarakat yang akan mudik dengan kendaraan umum,” imbuh Indra.

“Masyarakat bisa menitipkan kendaraan pribadinya di Mapolres Sumedang,” tambahnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan