Pemerintah Malaysia Gratiskan Biaya Jalan Tol Sepanjang Masa Mudik Lebaran Idul Fitri 1444 H

JABAR EKSPRES – Malaysia menggratiskan tarif jalan tol selama masa mudik lebaran Idul Fitri 2023. Hal tersebut disampaikan oleh Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim.

Seluruh ruas jalan tol yang berada di Malaysia menjadi gratis atau bebas biaya mulai tanggal 19-21 April dan 24 April.

Kebijakan ini diberlakukan untuk memberi keringanan terhadap kondisi perekonomian warga Malaysa menjelang hari raya Idul Fitri 2023.

Plus Malaysia, operator jalan tol terbesar, telah memperkirakan sekitar lebih dari dua juta kendaraan akan melintasi tolnya selama masa mudik lebaran. Jumlah presentasenya menunjukkan peningkatan hingga 20% totalnya daripada di hari-hari seperti biasanya.

Potongan harga atau diskon khusus nantinya akan diberikan untuk denda pelanggaran lalu lintas yang berdasarkan pada aturan di tahun 2022. Per dendanya akan dikurangi hingga RM50 atau senilai dengan Rp167.000.

Para pedagang di Malaysia juga akan diberikan potongan harga atau diskon spesial untuk pembelian bahan baku seperti daging ayam bagi mereka yang menawarkan makanan dengan harga yang lebih murah kepada konsumen dengan penghasilan rendah melalui program Menu Rahmah.

“Kami menyadari biaya yang harus ditanggung oleh operator untuk bahan baku dan bahan makanan. Kami berharap inisiatif ini akan membawa bantuan bagi operator dan memastikan kelangsungan dan keberlanjutan program Menu Rahmah,” ucap PM Malaysia, Anwar Ibrahim, dikutip dari The Straits Times oleh JabarEkspres.com, Rabu (19/4).

Untuk lebaran di tahun ini juga, warga Malaysia akan mendapatkan jatah libur selama empat hari yang dimulai dari hari Jumat (21/4) hingga Senin (24/4).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan