Menggulik Program Bandung Smart City,  yang Sebabkan  Walikota Bandung OTT KPK

JABAREKSPRES – Mencuatnya kasus Operasi tangkap tangan (OTT) KPK terhadap Walikota Bandung Yana Mulyana, membuat semua orang mengulik apa saja yang berhubungan dengan hal itu. Salah satunya mengenai Program Bandung smart City.

Program ini awalnya muncul lantaran ide dan gagasan dari pemkot Bandung sejak 2016 dibawah kepemimpinan Ridwan Kamil.

Program Bandung Smart City ini mendapat sambutan antusias warga, karena pemaparan RK yang akan membawa Bandung menjadi Kota Modern yang cerdas.

Selain itu masyarakat langsung diajak bermimpi memiliki sebuah kota dengan banyak kemudahan untuk warganya.

Beberapa program Bandung Smart City :
1. Smart Goverment
2. Smart transportation
3. Smart Energy
4. Smart Environment
5. Smart Payment
6. Smart Education
7. HEalth smart
8. Smart Surveillance
9. Smart Society
10. Smart Commerce

Menggagas konsep kota cerdas yang dirancang guna membantu berbagai kegiatan masyarakatnya, serta memberikan kemudahan mengakses informasi kepada masyarakat.

Beberapa  contoh kemudahan dari Bandung Smart City Seperti mengetahui tingkat kemacetan, lokasi (taman kota) yang memiliki wifi, penataan angkot, pengelolaan sampah dan daerah wisata.

Tidak butuh waktu lama, Bandung langsung berbenah, RK membuktikan janjinya dan Bandung berhasil memperoleh banyak penghargaan. Salah satunya program Smart City terbaik kategori Smart Governance pada Desember 2022 lalu.

Melanjutkan program tersebut, Walikota berikutnya masih berusaha meningkatkan performa Bandung smart city karena dinilai berhasil diterapkan.

Hingga disaat kepemimpinan Yana Mulyana Sebagai Walikota, yang terus mendapat kritik lantaran maraknya aksi begal dan kriminalitas yang terjadi pada malam hari. Seperti geng motor, curanmor, curas dan lain sebagainya.

Pengungkapannya menjadi lama karena susahnya alat bukti dan saksi terutama karena kejadiannya pada malam hari. Sehingga tercetuslah ide pengadaan cctv dan jaringan internet.

Akhirnya Pemkot Bandung melalui walikota Yana Mulyana menyiapkan anggaran sebesar 2,3 Miliar untuk mengatasinya.

Salah satu programnya dengan pengadaan CCTV yang dipasang dibanyak titik, terutama titik rawan kejahatan.

Siapa yang menyangka, ternyata program Bnadung Smart City ini dimanfaatkan dengan mencari celah untuk potensi menjadi sarang korupsi berupa penyuapan dan permainan tender lelang.

Diluar kasus tersebut, sejauh ini Masyarakat cukup terbantukan dengan program Bandung Smart City. Karena program tersebut berfungsi secara maksimal dalam mengelola berbagai sumber daya kota secara efektif dan efisien.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan