Sebanyak 123 Bacaleg Partai Demokrat Jabar Berebut Penomoran, Dicari Yang Mau Tempur!

BANDUNG, JABAR EKSPRES – Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Demokrat Jawa Barat telah menuntaskan masa penjaringan bakal calon legislatif (baceleg) untuk pemilihan umum (pemilu) 2024. Setidaknya ada 123 bacaleg yang mendaftar untuk bisa maju sebagai bacaleg DPRD Provinsi Jabar dari partai berlogo bintang mercy itu.

Hal itu diungkapkan Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Barat, Anton Sukartono Suratto selepas Sarasehan Politik, Peringatan Nuzulul Quran dan santunan anak yatim, Kamis (14/4) malam. Anton menegaskan, seleksi dari bacaleg itu juga masih belum final mengingat kebutuhan bacaleg adalah hanya 123 orang. Artinya selepas ini juga bakal diseleksi lagi. “Perlu 120 bacaleg untuk 15 dapil,” katanya.

Anton menguraikan, selepas pendaftaran bacaleg itu pihaknya bakal mengirimkan daftar bacaleg yang mendaftar ke DPP Partai Demokrat. “Rencana tanggal 25 nanti kami serahkan ke DPP. Setelah kembali ke kami, kemudian akan kami serahkan ke KPU,” sambungnya.

Proses seleksi yang tengah berlangsung di internal partai selain menentukan bacaleg terpilih juga untuk penomoran bacaleg. DPD menyerahkan sepenuhnya kepada ketua umum partai.

Mekanisme itu juga berlaku untuk seleksi bacaleg untuk tingkat Kabupaten Kota di Jawa Barat. Pada tanggal 20 nanti dari DPC akan masuk ke DPD yang kemudian akan diteruskan ke DPP.

Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Barat, Anton Sukartono Suratto
Suasana Sarasehan Politik, Peringatan Nuzulul Quran dan santunan anak yatim Partai Demokrat Jawa Barat, Kamis (14/4) malam. (Foto: Istimewa)

Anton menegaskan, dari sejumlah bacaleg yang mendaftar saat ini memang masih banyak dari wajah lama atau incumbent. Akan tetapi juga tetap ada wajah pendatang baru yang mewarnai pendaftaran bacaleg.

Yang jelas Partai Demokrat bakal mencari bacaleg yang memang siap bertarung tanpa harus repot menunggu keputusan sistem pemilu proporsional terbuka atau tertutup. “Kami cari caleg yang mau tempur. Jadi siap nomor urut berapapun dan siap terbuka ataupun tertutup,” tegasnya.

Kepala Badan Pembinaan Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan (BPOKK) DPP Partai Demokrat Herman Khaeron menambahkan, dari survei yang didapat Demokrat Jawa Barat kondisinya sedang meningkat. Harapanya, peningkatan elektoral itu bisa menjadi angin segar untuk peningkatan jumlah kursi. “DPD sudah seleksi ketat ada wawancara juga. Yang ditekankan ketua umum, kenaikan survei itu harus bisa jadi suara,” terang pria yang akrab dipanggil Kang Hero itu.

Tinggalkan Balasan