Akses Tol Cisumdawu Dibatasi Hingga KM 216 Gerbang Tol Ujung Jaya

JABAR EKSPRES – Beberapa jalur Tol Cisumdawu tidak dapat diakses 24 jam oleh orang-orang yang akan mudik tahun 2023 ini.

Tol Cisumdawu ini menghubungkan Cileunyi-Sumedang-Dawuan yang nantinya hanya bisa digunakan oleh para pemudik hingga KM 216, gerbang tol Ujung Jaya. Dikabarkan juga hanya dapat digunakan hingga pukul 15.00 WIB.

Dirlantas Polda Jawa Barat Kombes Wibowo menyebutkan, terdapat dua jalur A dan B yang dapat digunakan sampai Tol Cimalaka (KM 186). Selebihnya, para pemudik hanya dapat menggunakan jalur A hingga gerbang yang menuju arah Tol Cipali.

“Dari pihak BUJT (Badan Usaha Jalan Tol) akan mengfungsionalkan sisa ruas tol lanjutan dari KM 186 ke KM 216 hingga bertemu di KM 152 Tol Cipali,” ucap Wibowo di Mapolda Jabar, Rabu (13/4).

BACA JUGA: Arus Mudik 2023: Polda Jabar Pastikan Jalur dari Bandung Menuju Jakarta Saat One Way Tak Ditutup

Alur lalu lintas yang akan digunakan Tol Cisumdawu pada jalur A juga hanya berlaku one way atau satu arah. Ketentuan itu berlaku pada saat arus mudik dan arus balik.

Sisa jalur pada rute A, dari KM 186 hingga KM 216, hanya bisa diakses mulai dari pukul 06.00 WIB hingga 15.00 WIB.

Pembatasan waktu ini bertujuan untuk mementingkan keselamatan para pemudik nanti. Dikarenakan kondisi serta akses fasilitas yang belum maksimal pada jalur tersebut. Seperti lampu penerangan yang belum terpasang dan belum memiliki rest area yang resmi.

“Mulai dari sore ke malam ini jalanannya berkabut. Makanya, kita siapkan sampai jam segitu karena untuk keselamatan masyarakat juga,” katanya.

Walaupun begitu, akan dibangun rest area sementara pada titik KM 194 hingga KM 195 di jalur B untuk memfasilitasi dan memberikan para pemudik kesempatan untuk beristirahat dengan waktu yang terbatas.

BACA JUGA: Tol Cisumdawu Tak Dibuka 24 Jam Saat Mudik, Ditlantas Polda Jabar: Penggunaannya Hanya Satu Jalur

Sejumlah fasilitas seperti SPBU mini, toilet portable, dan fasilitas lainnya, akan disiapkan pada rest area tersebut.

“Tapi ini hanya untuk tempat istirahat sementara. Harapan kita masyarakat bisa istirahat dengan tempo waktu tidak begitu lama,” ucap Wibowo.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan