Tata Cara Dzikir Menjalankan 10 Hari Terakhir Ramadhan 2023, Lailatul Qadar

JABAR EKSPRES – Eh, buat temen-temen yang muslim nih, kalo mau itikaf di 10 hari terakhir bulan Ramadhan 2023, kalian harus tau urutan dzikirnya dulu nih. Jadi, itikaf itu artinya kita tinggal di masjid selama beberapa hari biar lebih deket sama Allah SWT.

Salah satu ibadah yang bisa dilakuin pas itikaf itu dzikir. Nah, dzikir ini penting banget buat ngejar Lailatul Qadar. Waktu pelaksanaannya sih bisa kapan aja, ga harus di 10 hari terakhir Ramadhan.

Tapi, Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu pernah ngomong kalo Rasulullah itu itikaf di 10 hari terakhir bulan Ramadan. Jadi mending kita ikutin deh.

يعتكف في كل رمضان عشرة أيام ، فلما كان العام الذي قُبِضَ فيه r كان رسول الله اعتكف عشرين يوماً

Artinya: “Rasulullah shallallahu alaihi wasallam selalu i’tikaf setiap bulan Ramadhan selama 10 hari. Tapi pada tahun dimana beliau wafat, beliau i’tikaf selama 20 hari.” (HR Bukhari).

Baca Juga: Kisah Penuh Inspirasi dari Serial Islam Turki yang Menggetarkan Hati

Nah, buat urutan dzikirnya sendiri, ada beberapa yang bisa dilakukan. Yang penting, tetap konsisten dan ikhlas ya. Pokoknya, semoga kita semua bisa dapet Lailatul Qadar tahun ini. Aamiin.

Nah, kabar baik buat temen-temen yang muslim, 10 hari terakhir bulan Ramadan 2023 udah dimulai sejak Senin, 10 April 2023. Ini karena penanggalan Hijriah dimulai dari waktu Maghrib.

Itikaf dilakukan menjelang 10 hari terakhir Ramadhan, berikut adalah 10 urutan dzikir:

1. Pertama-tama, baca Istighfar sebanyak tiga kali:

اَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمِ

Astaghfirullaahal ‘adziim.

Artinya: “Ampunilah aku Ya Allah, Dzat Yang Maha Agung.”

2. Terus, baca Tasbih 33 kali:

سُبْحَانَ اللّهِ

Subhaanallaah.

Artinya: “Maha Suci Allah.”

3. Setelah itu, baca Tahmid 33 kali:

اَلْحَمْدُ لِلّهِ

Alhamdulillaah.

Artinya: “Segala puji hanya bagi Allah.”

4. Dan terakhir, baca Takbir 33 kali.

اَللّهُ اَ كْبَرُ

Allaahu akbar.

Artinya: “Allah Dzat yang Maha Besar.”

Selain dzikir itikaf, ada juga beberapa amalan lain yang bisa dilakukan agar mendapatkan Lailatul Qadar, di antaranya adalah membaca Al-Qur’an, melaksanakan shalat sunnah, berinfaq, dan berdoa.

Baca Juga: Bagaimana Pasangan Muda Bisa Mengatur Keuangan Keluarga dengan Baik?

Namun, satu hal yang sangat penting dalam beribadah adalah niat yang ikhlas dan tekad yang kuat untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan melaksanakan itikaf dan dzikir khusus di 10 hari terakhir Ramadhan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan