4 Amalan Malam Lailatul Qadar di 10 Hari Terakhir Ramadhan!

Sholat tahajud adalah amalan yang begitu mulia dan dilakukan pada sepertiga malam diantara jam 2 hingga terbit fajar atau jam setengah 4 dini hari. Jumlah rakaat yang dilakukan bisa 2 rakaat atau bahkan lebih sebanyak-banyaknya.

 

  1. Memperbanyak Dzikir dan Doa

Berdzikir dan doa merupakan salah satu upaya untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan meminta perlindungan dan keselamatan di dunia dan akhirat. Melakukan bacaan dzikir juga guna untuk menyempurnakan ibadah sholat.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam Quran surah Al-Munafiqun ayat 9:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ لَا تُلْهِكُمْ أَمْوَٰلُكُمْ وَلَآ أَوْلَٰدُكُمْ عَن ذِكْرِ ٱللَّهِ ۚ وَمَن يَفْعَلْ ذَٰلِكَ فَأُو۟لَٰٓئِكَ هُمُ ٱلْخَٰسِرُونَ

Artinya: : “Wahai orang-orang yang beriman, jangan sampai harta dan anak-anakmu melalaikan kalian dari berdzikir kepada Allah, dan siapa yang melakukan hal itu, maka mereka adalah orang-orang yang merugi.”

 

  1. Melakukan I’tikaf

Menurut bahasa I’tikaf berasal dari bahasa arab akafa yang berarti menetap, mengurung diri, atau terhalangi. Dala pengertiannya adalah berdiam diri dalam masjid dalam rangka untuk mencari keridhaan Allah dan bermuhasabah atas perbuatan-perbuatannya.

Baca juga: Doa Saat Malam LAILATUL QADAR, Malam Istimewa Mustajabnya Doa

Sebagaimana kebiasaan Rasulullah meningkatkan ibadahnya dengan cara beri’ktikaf di dalam masjid pada sepuluh hari Ramadhan. Orang-orang yang melakukan I’tikaf disebut juga muktakif.

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan