4 Amalan Malam Lailatul Qadar di 10 Hari Terakhir Ramadhan!

JABAR EKSPRES – Pada Malam Lailatul Qadar kita sebagai umat Muslim di dunia berburu 4 Amalan yang dapat dilakukan pada saat 10 hari terkahir bulan suci Ramadhan.

Malam Lailatul Qadar adalah malam kemuliaan yang paling istimewa dan malam yang lebih baik dari pada seribu bulan. Pada malam lailatul qadar umat Muslim di seluruh dunia berlomba-lomba untuk mendapatkan keutamaan malam tersebut dan mendapatkan pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT.

Baca juga: Kapan Terjadinya Malam Lailatul Qadar 2023? Inilah Tandanya!

Pada malam kemuliaan ini hanya terjadi dalam satu tahun sekali pada bulan Ramadhan saja. Maka dari itu tidak asing lagi bagi umat Muslim di 10 hari terkahir Ramadhan ini untuk memperbanyak amalan-amalan yang dapat kita lakukan.

Malam Lailatul Qadar terjadi pada malam-malam ganjil seperti 21, 23, 25, 27 dan malam ke 29 Ramadhan atau 12, 14, 16, 18 dan 20 April. Dikutip dari nu.or.id keutamaan 10 hari malam terakhir Ramadhan dijelaskan dalam hadist riwayat Aisyah sebagai berikut:

“Ketika memasuki sepuluh hari Ramadhan, Nabi fokus beribadah, mengisi malamnya dengan ibadah, dan membangunkan keluarganya untuk ibadah.” (HR. Al-Bukhari)

Rasulullah SAW bersabda : “Carilah Lailatul Qadar dimalam ganjil di sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan” (HR. Bukhari)

Berikut 4 Amalan Malam Lailatul Qadar di 10 Hari Terakhir Ramadhan:

  1. Memperbanyak Baca Al-Quran

Al-Quran salah satu kitab suci agama Islam yang dimana pada saat malam kemuliaan itu Allah SWT menurunkan wahyu berupa ayat-ayat suci Al-Quran kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril.

Sebagai umat Muslim di dunia kita di sunnahkan untuk membaca kitab suci Al-Quran kapan dan dimanapun kecuali di tempat-tempat yang di larang seperti toilet. Membaca Al-Quran pada sholat shubuh akan lebih baik, Abu Bakar Syatha mengatakan bahwa membaca Al-Quran dimalam hari lebih baik dan lebih fokus dari pada disiang hari.

 

  1. Mendirikan Sholat Malam atau Tajahud

Sholat tahajud merupakan salah satu sholat sunnah yang paling di anjurkan bagi umat Muslim di dunia. Biasanya pada sholat tahajud ini banyak doa-doa umat muslim yang dikabulkan oleh Allah SWT.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan