Manfaat Memanaskan Sepeda Motor di Pagi Hari

JABAR EKSPRES – Melakukan perawatan sepeda motor secara rutin menjadi kewajiban bagi para pengguna sepeda motor agar tetap menjaga performa mesin tetap prima ketika digunakan. Salah satu aktivitas yang harus dilakukan oleh para pemilik sepeda motor adalah memanaskan mesin sepeda motor setiap pagi secara rutin.

Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora, Ade Rohman menjelaskan, memanaskan mesin sepeda motor merupakan hal yang cukup umum didengar di masyarakat. Hal ini guna membuat mesin sepeda motor tetap awet sekaligus membuat kondisi motor tetap prima.

Memanaskan sepeda motor setiap pagi juga memiliki banyak manfaat, diantaranya :

1. Sirkulasi Oli ke Mesin

Memanaskan sepeda motor membuat oli bersirkulasi ke ruang mesin sehingga komponen mesin yang bergesekan dapat terlumasi dengan baik.

2. Charge Accu Battery

Sepeda motor yang jarang digunakan menjadikan accu battery perlu di charger agar tidak ngedrop, dengan menyalakan sepeda motor membantu accu battery melakukan charging otomatis ketika sepeda motor telah langsam.

3. Suhu Kerja Ideal

Dengan memanaskan sepeda motor, mesin akan mencapai suhu ideal sehingga kerja mesin jadi lebih optimal dan sepeda motor siap untuk digunakan.

Tapi seiring perkembangan teknologi mesin sepeda motor seperti hadirnya teknologi PGM-Fi, membuat pemilik sepeda motor tak perlu lagi memanaskan mesin setiap pagi. Karena teknologi PGM-Fi dilengkapi dengan sensor-sensor pendukung yang membuat kinerja mesin jadi lebih sempurna.

Meski demikian, pemilik sepeda motor tetap diperbolehkan melakukan pemanasan mesin dengan catatan melakukannya sesuai dengan yang dianjurkan. Misal dengan menyalakan sepeda motor dan diamkan tanpa harus memutar-mutar tuas gas. Atau ketika motor sudah lama tidak digunakan sehingga butuh perlakuan khusus agar mesin sepeda motor dapat kembali normal setelah lama tidak digunakan.

Untuk mempertahankan kondisi sepeda motor tetap prima, lakukan perawatan sepeda motor Honda di AHASS terdekat. Konsumen juga dapat memanfaatkan aplikasi Daya Auto untuk mendapatkan kemudahan konsumen dalam melakukan booking servis tanpa antri melalui fitur booking service. Aplikasi Daya Auto dapat di download melalui Google Play Store dan iOS.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan