Jelang Lebaran Jokowi Tegaskan Harga Bahan Pokok Turun

JABAR EKSPRES – Presiden Joko Widodo (Jokowi), Senin (4/10/2023). Dalam rangkaian kunjungan kerjanya ke Provinsi Jawa Tengah, kembali mengecek harga bahan pokok di pasar tradisional jelang lebaran.

Kali ini Presiden Jokowi mengunjungi Pasar Legi di Kota Solo. Dalam peninjauan itu, kepala negara membawa serta cucunya Jan Ethes Sinarendra dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Terkait hasil pemeriksaan, Jokowi menyatakan harga kebutuhan pokok secara umum turun jelang lebaran.

Baca juga : Polresta Kota Bandung Keluarkan Persyaratan Mudik Gratis 2023, Cek Disini

“Secara umum harga-harga turun, saya lihat tadi ya. Seperti telur, telur sudah Rp 25.000, sebelumnya di atas Rp 30.000. Bawang merah juga sama turun jadi Rp 26.000, ada yang Rp 25.000. Kemudian, bawang putih juga sama turun, Rp 24.000″ kata Jokowi usai pemeriksaan yang di umumkan Sekretariat Presiden, Senin.

Selain itu menurut Jokowi, jelang lebaran harga beras turun meski tidak terlalu banyak. Mantan Wali Kota Solo itu kemudian berharap harga beras semakin turun dengan panen raya nanti.

“Beras juga turun meskipun masih antara Rp 300-400 perak tapi sudah turun. Nah, ini kalau panennya makin banyak, panen raya makin banyak, kita harapkan harganya bisa turun lagi sehingga inflasi makin kecil” ujarnya.

Jokowi mengungkapkan, kondisi turunnya harga sejumlah bahan pangan antara lain karena pasokan barang yang melimpah.

“Kalau lihat pasokan banyak, pasti harganya turun. Kalau kita lihat harganya turun, pasti pasokannya banyak. Ini adalah teori ekonomi,” katanya.

Selain mengendalikan harga sembako, Jokowi membagikan sejumlah uang jatah kepada pedagang di pasar.

Baca juga : Lihat Rute Mudik Gratis 2023 Polresta Kota Bandung

Pada Senin dini hari, Presiden Jokowi juga meninjau makanan di dua pasar lainnya, yakni Pasar Selo dan Pasar Cepogo di Kabupaten Boyolali.

Dari pengendalian tersebut di ketahui bahwa harga bahan makanan cenderung turun. Presiden juga memastikan ketersediaan sejumlah kebutuhan pokok masih terkendali dua pekan jelang lebaran atau Idul Fitri 1444 Hijriah.

Selain pasokan, harga sejumlah kebutuhan pokok diperkirakan masih terkendali.

“Ya tinggal dua minggu lagi, saya yakin insyaallah penurunan akan terus berlanjut. Beras juga akan turun sedikit.” kata Jokowi dalam keterangannya di Pasar Cepogo.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan