Ciptakan Hari Raya Paskah Aman dan Nyaman, Polresta Bandung Lakukan Pengamanan

JABAR EKSPRES – Seluruh umat kristiani saat ini sedang melakukan rangkaian ibadah memperingati Hari Raya Paskah yang jatuh pada 9 April 2023.

Sejumlah serangkaian ibadah pun saat ini tengah dilakukan mulai dari kegiatan Kamis Putih, Jumat Agung, dan serangkaian ibadah lainnya.

Dalam menjaga keamanan dalam beribadah, Polresta Bandung beserta Kodim lakukan monitoring pengamanan di beberapa tempat Gereja di Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Diantaranya merupakan Gereja Bethel Indonesia (GBI PPL Kopo) di Kopo Square, Desa Margahayu Tengah, Kecamatan Margahayu, Kabupaten Bandung dengan jumlah jamaah sekitar 400 orang.

Sedangkan Gereja yang kedua yakni Gereja Kristen Protestan Oikumene (GKPO) Lanud Sulaiman dengan jumlah jamaah 400 orang.

Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo menyampaikan dalam monitoring pengamanan ini dirinya memastikan jika semua umat kristiani bisa melaksanakan ibadah dengan nyaman dan dengan rasa aman.

“Kami sampaikan kepada para pengurus gereja dan jemaat bahwa kehadiran kami TNI Polri adalah untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga yang melaksanakan ibadah,” ujar Kusworo saat ditemui, Jumat 7 April 2023.

Kusworo menjelaskan jika di Kabupaten Bandung sendiri ada sekitar 15 Gereja dan hari ini pihaknya membagi dua tim untuk melakukan monitoring pengamanan ini.

“Hari ini kami sudah keliling kelima gereja. Kami bagi dua tim, tim pertama kami yang pimpin bersama para pejabat Polresta maupun Kodim. Tim kedua dipimpin oleh bapak Wakapolresta Bandung bersama para PJU Polresta dan Kodim,” katanya.

Selain itu kata Kusworo pihaknya sudah menyiapakan sebanyak 10 sampai 15 personil di setiap gereja. Sehingga pihaknya meminta kepada setiap gereja untuk terus menjalin komunikasi untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan.

“Ini kami minta terjalin komunikasi yang baik sejak awal. Sehingga jika ada hal-hal yang perlu dikomunikasikan kepada anggota kami, langsung kami tindak lanjuti,” pungkasnya.

Sementara itu MH Tampubolon salah satu pengurus Gereja Kristen Protestan Oikumene (GKPO) Lanud Sulaiman mengatakan jika pihanya berterima kasih atas pengamanan yang dilakukan oleh pihak kepolisian dan kodim.

“Terima kasih kepada pak Kapolresta dan Kodim juga yang sudah membantu mengamankan kegiatan ini,” ujarnya saat ditemui.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan