Asensi Gandeng IMEI dan KRISTA Exhibition Gelar Pameran di 3 Kota Besar

JABAR EKSPRES-  Bisnis lisensi dan waralaba Indonesia mampu menyerap 600.000 tenaga kerja dari 93.000 gerai industri yang dibuka dengan total omzet mencapai 54,4 miliar rupiah. Hal ini diungkap oleh Kementerian Perdagangan Republik Indonesia belum lama ini.

Jumlah bisnis lisensi meningkat karena jumlah pelaku usaha baru yang berasal dari Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang terus bertambah dan semakin bertambah dan yang paling banyak diminati yaitu F&B, ritel, dan jasa.

Akhir tahun lalu, KemenKumHam R.I mengumumkan 2023 menjadi tahun merek. Karenanya, #bersama dengan IMEI KRISTA Exhibitions dengan optimis akan menggelar the 3rd Indonesia Licencing Expo (ILE) yang akan digelar di bulan Juni 2023, September 2023 dan Oktober 2023.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Kasan menyebut, bahwa bisnis lisensi yang khusus waralaba atau franchise di Indonesia tumbuh 5 persen dengan omzet mencapai Rp 31,1 triliun pada 2021.

“Industri ini pun mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 682.292 orang. Berdasarkan data Kementerian Perdagangan, bidang usaha waralaba didominasi jasa makanan dan minuman yang mencapai lebih dari 44,09 persen maka Pameran Lisensi ke-3 diharapkan dapat mendukung program-program Pemerintah yaitu antara lain Gerakan Merek Lokal Indonesia dan Bangga Buatan Indonesia (BBI),” ujar Kasan pada konferensi pers Pameran Indonesia Licensing Expo (ILE) 2023, Rabu 5 April 2023.

“Diharapkan juga dapat meningkatkan semangat berwirausaha dan menjadi momentum kebangkitan bagi para pengusaha merek dan produk lokal Indonesia termasuk para pelaku Waralaba di dalam negeri khususnya dimasa transisi menuju endemic sekarang ini,” tambahnya.

Kementrian Perdagangan memberikan juga memeberi apresiasi untuk Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI) yang secara konsisten dan berkelanjutan memberikan kontribusi berharga untuk pembangunan nasional khususnya sektor Waralaba, Lisensi dan merek-merek lokal.

“Ikatan kuat dan kerja sama yang telah berjalan dengan sangat baik selama ini antara Kementerian Perdagangan dengan ASENSI kiranya dapat dipertahankan dan bahkan terus ditingkatkan. Apresiasi setinggi-tingginya juga saya haturkan kepada seluruh pemangku kepentingan yang telah menjadi mitra kerja Pemerintah selama ini. Saya sangat mengharapkan agar kolaborasi nyata antara Pemerintah dan dunia usaha ini dapat terus berlangsung,” ujarnya menutup sambutan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan