Studi Ungkap Fakta Ilmiah Manfaat Kurma, Benarkah Bisa Cegah Kanker Pankreas?

JABAR EKSPRES – Studi SQU Research mengungkap fakta ilmiah soal manfaat memakan kurma  yang diyakini bisa cegah kanker pankreas.

Fakta ilmiah yang diungkap oleh hasil studi SQU Research menyebutkan bahwa memakan kurma baik untuk pankreas dan diyakini bisa cegah kanker pankreas.

Dengan memakan kurma, berdasarkan hasil studi SQU Research pankreas seseorang dapat terlindungi dari berbagai jenis penyakit termasuk kanker atau kanker pankreas.

BACA JUGA: 5 Jenis Kurma Termahal di Dunia, Nomor 3 Banyak Diburu Saat Ramadhan di Indonesia

Seperti diketahui bahwa kurma merupakan buah khas Timur Tengah yang biasanya menjadi makanan yang mudah ditemui pada saat bulan suci Ramadhan di berbagai negara.

Kurma juga banyak digemari karena rasanya manis tanpa perlu diolah, bahkan kurma juga bis amenjadi toping roti atau makanan lainnya.

Kurma erat kaitannya dengan umat Muslim di seluruh dunia, karena menjadi salah satu makanan yang direkomendasikan Nabi Muhammad SAW yang dikonsumsi pada bulan Ramadhan.

Selain itu, manfaat kurma juga dijelaskan dalam literatur Islam termasuk Quran dan Hadist.

Dikutip JabarEkspres.com dari Omano Observer pada Rabu, 5 April 2023, manfaat kurma lainnya juga dijelaskan berdasarkan fakta ilmiah dari berbagai studi.

Berdasarkan informasi dalam situs tersebut, kurma disebut-sebut memiliki manfaat untuk kesehatan otak, mengatur tekanan darah, dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Sementara itu, tim peneliti dari Sultan Qaboos University, yang dipimpin dr Yunus Baqi menemukan bahwa kurma bisa mengurangi peradangan dan fibrosis hati.

Pasalnya, tim peneliti menemukan bahwa kurma mengandung antioksidan kuat dan polifenol yang cukup tinggi.

Kandungan ituilah yang diklaim dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Sehingga kurma diyakini bisa mencegah kerusakan sel yang dapat memicu kanker termasuk kanker pankreas.

Sementara itu, kanker pankreas merupakan salah satu jenis kanker yang paling agresif dan dinilai susah untuk diobati.

Sedangkan salah satu cara terbaik untuk mencegah munculnya kanker pankreas adalah dengan memakan kurma.

Sebagai informasi, kurma memiliki 15 kandungan mineral termasuk selenium atau elemen yang dipercayai dapat membantu mencegah kanker.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan