Jelang Lebaran, Damri Catat 15.795 Tiket Ludes

PADA periode angkutan lebaran tahun ini, Perusahaan Umum (Perum) Damri mencatat, sebanyak 15.795 tiket ludes terjual.

Tiket tersebut berdasarkan moda transportasi dari dan menuju bandara, antarkota, hingga antarnegara. Jelang lebaran, belasan ribu tiket itu telah terjual sampai Selasa (4/4) kemarin.

Jadwal keberangkatan diketahui lebih banyak pada 18 sampai 20 April mendatang. Damri mencatat, rute favorit tersebut diantaranya Jakarta-Lampung, Jakarta-Surabaya, Jakarta-Malang.

Selanjutnya, rute Jakarta-Yogyakarta, Jakarta-Wonosobo, rute dari dan menuju Lampung hingga ke layanan batas negara Pontianak-Kuching, Malaysia.

Corporate Secretary DAMRI, Akhmad Zulfikri menilai, minat masyarakat untuk mudik pada tanggal dan rute itu favorit memang cukup tinggi.

Meski demikian, lanjutnya, masyarakat tidak perlu khawatir karena secara umum tiket Damri pada masa angkutan Lebaran masih tersedia.

Dirinya mengimbau, menuju H-17 Lebaran, masyarakat yang akan mudik dengan bus Damri segera melakukan reservasi tiket perjalanan melalui Damri Apps demi kelancaran, kenyamanan, dan keselamatan selama perjalanan.

Namun, untuk daerah di Indonesia timur dan Kalimantan Utara, pemesanan tiket dapat dipesan melalui loket keberangkatan. Namun, Damri tetap memproses pencatatannya secara digital.

“Kepada calon pelanggan kami mengingatkan agar apabila mengalami tindakan percaloan dapat melaporkan kepada manajemen Damri dan akan kami tindak tegas,” kata dia, melansir ANTARA, Rabu (5/4).

Damri juga mengimbau seluruh pelanggan agar teliti dalam mengisi data diri dan tanggal keberangkatan pada saat pemesanan melalui daring (online).

Damri resmi membuka penjualan tiket mudik sejak H-30 Lebaran. Damri menyediakan 1.062 unit armada bus dengan 66.856 trip/perjalanan yang telah disiapkan untuk melayani seluruh masyarakat Indonesia.

Damri memprediksi jumlah penumpang mencapai 1,2 juta orang pada masa angkutan Lebaran 2023.

Damri juga memprediksi beberapa titik padat penumpang, di antaranya Kemayoran, Gambir, Surabaya, Lampung, dan Pontianak.

Selain itu, Damari telah mempersiapkan beberapa langkah dalam menghadapi masa angkutan Lebaran 2023 seperti ramp check armada dan tes kesehatan sopir.

“Seluruh tim Damri sudah melakukan kegiatan ramp check pada seluruh unit armada bus dan memastikan perawatan secara berkala,” ucapnya.

Selain itu, jelang lebaran, para pengemudi juga sudah dipastikan dalam kondisi fit dengan melakukan pemeriksaan kesehatan dan sudah divaksin lengkap sehingga pelanggan yang melakukan perjalanan bersama Damri dijamin aman,” ujar Fikri.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan