Rafael Alun Trisambodo Resmi Ditahan Usai Jalani Pemeriksaan KPK Terkait Kasus Dugaan Gratifikasi

JABAR EKSPRESRafael Alun Trisambodo, mantan pejabat Dirjen Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) resmi ditahan uisai menjalani pemeriksaan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Senin, 3 April 2023 kemarin.

Rafael Alun Trisambodo sebelumnya sudah resmi ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan gratifikasi. Sehingga, ayah Mario Dandy Satriyo tersebut dipanggil KPK untuk menjalani pemeriksaan.

Berdadsarkan informasi, kasus dugaan gratifikasi yang dilakukan oleh Rafael Alun Trisambodo sang mantan pejabat DJP Kemenkeu tersebut telah berlangsung selama belasan tahun dan dilakukan peyelidikan oleh KPK.

BACA JUGA: KPK Pastikan Rafael Alun Trisambodo Jalani Proses dengan Ketentuan Hukum yang Berlaku

Setelah menjalani pemeriksaan oleh KPK kemarin dengan didampingi oleh kuasa hukum, kini Rafael Alun Trisambodo resmi ditahan.

Ia pun turun dari ruang penyidikan dengan mengenakan pakaian tahanan berwarna oranye.

Penahanan Rafael Alun Trisambodo akan berlangsung selama 20 hari, terhitung sejak 3 hingga 22 April 2023 di Rumah Tahanan KPK Merah Putih.

BACA JUGA: Rafael Alun Trisambodo Bungkam Seribu Bahasa, Penuhi Panggilan KPK Didampingi Kuasa Hukum Hari Ini

Terkait penahanan sang mantan pejabat DJP Kemenkeu tersebut telah dikonfirmasi oleh Firli Bahuri di Gedung Merah Putih KPK, Setiabudi, Jakarta Selatan pada Senin, 3 April 2023 kemarin.

“Hari ini, dilakukan penahanan terhadap tersangka RAT,” kata Firli Bahuri, dikutip JabarEkspres.com dari PMJ News pada Selasa, 4 April 2023.

Sebelumnya, KPK telah menetapkan mantan Pejabat Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Rafael Alun Trisambodo (RAT) sebagai tersangka.

Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri menjelaskan bahwa Rafael Alun Trisambodo terseret dugaan korupsi penerimaan gratifikasi pada tahun 2011 hingga 2023.

“Ada dugaan pidana korupsinya telah kami temukan. Terkait dengan dugaan korupsi penerimaan sesuatu oleh pemeriksa pajak pada Ditjen Pajak Kemenkeu tahun 2011-2023,” kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri pada Kamis, 30 Maret 2023.

Pada beberapa waktu lalu, Rafael Alun Trisambodo dan keluarganya menjadi sorotan publik lantaran dinilai kerap memamerkan harta kekayaan.

Bahkan fesyen dan kendaraan dengan harga fantastis yang digunakan oleh sang istri dan anaknya, mario Danady Satriyo juga tidak luput dari sorotan publik.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan