BSU 2023 Akan Cair Bulan April? Cek Nama Penerimanya Sekarang!

JABAR EKSPRES – Untuk cek BSU 2023 dengan NIK, banyak orang mencari di situs resmi Kemnaker dan BPJS Ketenagakerjaan.

Selain itu, mereka juga mencari informasi kapan BSU 2023 akan dicairkan dan bagaimana cara mendaftar BLT Subsidi Gaji.

Apakah telah terdaftar sebagai salah satu dari 21 juta penerima non-BSU untuk April 2023? Anda dapat memeriksa nama Anda di situs resmi tanpa menggunakan BPJS Ketenagakerjaan dan Kemnaker.

Program Bantuan Subsidi Upah (BSU) bertujuan untuk memberikan dukungan finansial kepada pekerja dan buruh yang terdampak krisis ekonomi.

Sementara itu, pemerintah menjalankan BSU selama 2020 dan 2021 untuk membantu pekerja yang terpengaruh oleh pandemi COVID-19 dan mengalami pemotongan gaji.

Pada tahun 2022, tujuan BSU bergeser untuk mengatasi dampak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Program ini diluncurkan oleh pemerintah untuk memastikan stabilitas ekonomi nasional tetap terjaga.

Dukungan finansial dari BSU diharapkan dapat membantu pekerja dan buruh dalam mempertahankan daya beli mereka, yang pada akhirnya akan mempertahankan konsumsi dan permintaan dalam sektor ekonomi.

Pada tahun 2020, saat BSU pertama kali diberlakukan, nominal Bantuan Langsung Tunai (BLT) Subsidi Gaji yang diberikan sebesar Rp 2,4 juta. Namun, pada tahun 2021, jumlah tersebut berkurang menjadi Rp 1,2 juta.

Pada tahun 2022, pemerintah kembali melaksanakan program BSU dan memberikan nominal BLT sebesar Rp 600 ribu.

Syarat dasar pekerja untuk mendapatkan BSU antara lain memenuhi persyaratan gaji yang ditetapkan Kemnaker dan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Begini cara untuk memeriksa status penerima BSU 2022 melalui situs resmi Kemnaker:

  • Kunjungi situs kemnaker.go.id.
  • Jika Anda belum memiliki akun, lakukan pendaftaran. Lengkapi pendaftaran akun dan aktifkan akun dengan kode OTP yang akan dikirimkan ke nomor handphone Anda.
  • Login kembali ke situs kemnaker.go.id.
  • Lengkapi profil dengan menyertakan biodata berupa foto profil, tentang Anda, status pernikahan, dan tipe lokasi.
  • Cek pemberitahuan dan notifikasi akan muncul apakah Anda termasuk penerima BLT Subsidi Gaji atau BSU 2022.

Meskipun belum ada kepastian tentang cairnya BSU 2023, pekerja tidak perlu khawatir karena ada program baru yaitu bansos pangan yang akan dijalankan pada tahun 2023.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan